pulsa-logo

Qualcomm Gugat Meizu Terkait Pelanggaran Paten


dian iskandar

Senin, 18 Juli 2016 • 16:58

Qualcomm Gugat Meizu Terkait Pelanggaran Paten, tabloid pulsa


ilustrasiilustrasi

Qualcomm  pada hari Jumat (15/7) mengajukan tuntutan hukum melawan  vendor smartphone berbasis di Cina, Meizu, terkait dengan pelanggaran  paten pada akhir Juni di Beijing dan Shanghai, China. Kabarnya, ada produsen smartphone  lain seperti Oppo dan Vivo juga berada dalam target bidik Qualcomm untuk digugat  juga secara hukum, terkait  dengan pelanggaran paten.

Dilansir dari Digitimes, kabar ini berawal dari pemberitaan melalui surat kabar di China yang menyebutkan bahwa Qualcomm merasa sangat dirugikan dengan penggunaan paten telekomunikasi nirkabel yang dimilikinya,  dan digunakan oleh beberapa produsen smartphone di Cina.

Dengan paten komunikasi nirkabel, Qualcomm akhirnya  menuntut vendor smartphone berbasis Cina membayar biaya lisensi sebesar 5% dari harga jual masing-masing smartphone per unit dan memberikan lisensi paten gratis.

Kilas balik di tahun 2015, Qualcomm dan National Development and Reform Commission Cina mencapai kesepakatan pada bulan Februari 2015 dan hasil kesepakatan itu menyebutkan bahwa  Qualcomm tidak berhak untuk menerima sanksi pembayaran  denda untuk tindakan pelanggaran paten. Dan keputusan ini dikarenakan Qualcomm dikenakan sanksi  terkait dengan pelanggaran  anti-trust .

Qualcomm tidak diperbolehkan untuk menuntut lisensi paten terbalik dan telah dihitung ulang biaya lisensi paten berdasarkan 65% dari harga jual smartphone. Kebanyakan vendor smartphone berbasis Cina telah menandatangani kontrak lisensi paten dengan menggunakan aturan baru, tetapi beberapa vendor seperti Meizu, Vivo dan Oppo tidak puas dengan persyaratan tersebut  dan belum menandatangani kontrak dengan Qualcomm. Akibatnya, Qualcomm telah memutuskan untuk mengajukan gugatan untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Pada konferensi pers baru-baru ini, Meizu mengeluhkan tindakan Qualcomm dan mengklaim bahwa biaya lisensi yang  ditetapkan oleh Qualcomm  bisa mempengaruhi harga smartphone yang dijual jadi lebih mahal. Dan tentu akan memberikan dampak kurang menyenangkan bagi pasar yang mengharapkan smartphone  dengan spesifikasi canggih dengan harga yang ekonomis. (Nariswari)

Sumber


 

LATEST TIPS-APPS

Mengatur Pesan SOS di Smartphone Asus
BackUp Cloud di CloudMAX

2018-04-10 20:49:42