pulsa-logo

Begini Skor Benchmark Lengkap Lenovo Vibe C (A2020) versi PULSA


PULSA

Kamis, 28 Juli 2016 • 22:50

benchmark, lenovo, vibe c, a2020, tabloid pulsa


Lenovo Vibe CLenovo Vibe C

Lenovo baru-baru ini telah meluncurkan smartphone 4G murah ke bursa ponsel tanah air, yang dikenalkannya sebagai Vibe C. Ini sejatinya adalah model A2020, yang merupakan suksesor dari tipe A2010 yang lebih dulu diedarkan ke pasar.

Serupa tipe A2010, Lenovo Vibe C membidik para pengguna ponsel fitur (feature phone) yang ingin beralih ke ponsel pintar (smartphone). Khususnya yang ingin sekaligus mencicipi layanan internet cepat di jaringan 4G LTE yang ditawarkan operator. Banderolnya Rp.1.299.000.

Untuk spesifikasi, Lenovo Vibe C melekatkan layar lebih besar dibanding pendahulunya yang sebatas 4,5 inci, yaitu 5 inci pada resolusi setara 480x854 piksel. Pada sektor dapur pacu model terbaru ini beralih dari chipset MediaTek ke Qualcomm Snapdragon 210 dengan CPU quad-core 1,1GHz, GPU Adreno 304 dan RAM 1GB.

Kapasitas ruang simpan internal dari Lenovo Vibe C dibuat dua kali lebih besar dari Lenovo A2010 seniornya, menjadi 16GB. Tentu saja itu membuat jumlah aplikasi, game, file musik, serta data lain yang bisa ditampung ke dalamnya lebih berlimpah.


Guna memberikan gambaran performa kinerja dari smartphone 4G murah ini, PULSA melakukan serangkaian pengujian benchmark. Aplikasi benchmarking yang dipakai adalah aplikasi benchmark yang cukup popular digunakan para pengguna smartphone. Mau tahu hasil lengkapnya? Ini dia skor benchmark raihan dari Lenovo Vibe C (A2020)!

Uji Multitouch

Pada pengujian layar ini berfokus pada kemampuan sentuhnya. Didapatkan hasil jika smartphone Lenovo ini mampu mengakomodasi 2 sentuhan sekaligus (multitouch 2 titik). Ini masuk pada kategori paling rendah, dimana untuk smartphone model terkini lainnya rata-rata sudah mengadopsi layar multitouch 5-10 titik. Misalnya Advan i5A, memiliki kemampuan multitouch 5 titik.

Uji AnTuTu

Capaian skor benchmark Vibe C pakai aplikasi AnTuTu v.6.1.4 adalah 21.544. Angka tersebut tercatat lebih tinggi dibandingkan skor gapaian Lenovo A2010, yang sebatas 20.630.

Tampaknya ini dipengaruhi perubahan dapur pacu yang diterapkan, yang memang memberikan kecepatan lebih baik.

Uji Quadrant Standard Edition

Pada pengujian ini hasilnya di angka 9116. Untuk hasil ini tercatat lebih rendah dari model pendahulunya, yang berada di level 9504.

Uji 3DMark

Ini merupakan pengujian smartphone, terutama pada sisi kemampuan grafis. Menggunakan GPU Adreno 304 perolehan skor Vibe C pada pengujian Sling Shot (ES 3.0) yaitu 49.

Ini jauh dari perolehan skor benchmark 3DMark dari Infinix Hot 3 LTE, yang mencapai nilai 378. Padahal seperti diketahui banderol smartphone Infinix ini tak terpaut jauh, di kisaran Rp.1,5 juta.

Uji PCMark

Pada tes benchmark ini menggunakan mode "Work Perfomance", capaian skor dari Lenovo Vibe C adalah 2821.

Jika kita bandingkan kembali dengan capaian dari Infinix Hot3 LTE, raihan nilainya tercatat malah lebih rendah, di 2611.

Uji NenaMark2 (v2.4)

Pada tes ini capaian nilai dari Lenovo Vibe C (A2020) adalah 58,5 fps. Ini terbilang bagus, di level rata-rata smartphone di kelasnya.

Uji Geekbench 3

Pengujian ini lebih kepada ukuran "kekuatan" prosesor dan memori. Hasil yang diperoleh untuk Lenovo Vibe C adalah 297 untuk single-core dan 989 untuk multi-core.

Artinya memang menunjukkan jika daya prosesor (CPU) dan memorinya relatif sangat standar untuk ukuran ponsel saat ini.

Itulah hasil pengujian benchmark dari ponsel Lenovo Vibe C aka A2020. Bila dilihat keseluruhan memang performanya cukup baik untuk smartphone di kelasnya. Hanya saja, untuk urusan grafis tampaknya ponsel ini kurang memadai untuk menjalankan game-game yang membutuhkan detail grafis tinggi.

Konsumen sejatinya bisa mendapatkan produk lain yang lebih baik dari sisi performa, tapi dengan menambah sedikit dana/budget. Yang pasti, Lenovo Vibe C ini bisa dibilang sebagai salah satu produk solusi bagi yang menginginkan smartphone 4G murah. (Wr)