pulsa-logo

Eks Karyawan 'Angry Birds' jadi Petinggi Nokia


Arief Burhanuddin

Selasa, 16 Agustus 2016 • 09:53

eks, karyawan, rovio, angry, birds, jadi, petinggi, nokia


HMD global Oy, perusahaan baru asal Finlandia yang sedang berupaya meluncurkan kembali merek Nokia menyatakan pada hari Senin (15/8) mengatakan pada hari Senin bahwa mereka telah mempekerjakan Pekka Rantala, mantan CEO dari perusahaan Rovio yang dikenal dengan game Angry Birdsnya, sebagai Chief Marketing Officer-nya.

 

Nokia yang pernah menjadi produsen ponsel terbesar di dunia, mengatakan pada bulan Mei lalu bahwa mereka telah menandatangani kesepakatan lisensi eksklusif dengan HMD untuk membawa kembali perangkat brand Nokia kembali ke pasar.

 

Rantala merupakan 'veteran' dari Nokia. Ia pernah bekerja untuk Nokia dari tahun 1994 sampai 2011. Dia bergabung dengan Rovio sebagai CEO pada tahun 2015 namun mengundurkan diri setelah bekerja selama satu karena perusahaan memaksakan PHK dan restrukturisasi.

 

Nokia beberapa tahun terakhir meredup dan dikalahkan bisnisnya oleh Apple dan Samsung. Mereka kemudian menjual seluruh bisnis handset kepada Microsoft Corp pada tahun 2014 dan sekarang fokus pada bisnis jaringan telekomunikasi.


 

Sejak diakuisisi Microsoft, bisnis mobile Nokia tak beranjak membaik. 

 

Ponsel dan tablet Nokia produksi HMD direncanakan akan berjalan pada sistem operasi Android. Perangkat tersebut akan diproduksi dan didistribusikan oleh FIH Mobile, anak perusahaan dari Foxconn Technology. 

 

sumber