pulsa-logo

Harga Komponen iPhone 7 Diperkirakan Cuma Rp2,8 Jutaan


dian iskandar

Rabu, 21 September 2016 • 13:56

Harga Komponen iPhone 7 Diperkirakan Cuma Rp2, 8 Jutaan, harga iphone 7, tabloid pulsa


image cource: IHS Markitimage cource: IHS Markit

Produk iPhone biasanya dijual harga premium, dan sudah terbukti harga iPhone biasanya lebih mahal disbanding dengan smartphone premium lainnya. Tapi mungkin Anda bertanya-tanya, sebenarnya berapa sih modal Apple untuk membuat iPhone?

Menurut IHS Markit, lewat studi dengan cara mempreteli bagian iPhone 7 versi 32 GB, mereka memperkirakan bahwa harga komponennya mencapai 220 dolar AS atau setara Rp2,8 jutaan. Untuk tipe lainnya yang lebih tinggi tentu lebih mahal.

Komponen yang paling mahal adalah layar yang bisa mencapai 43 dolar AS, diikuti oleh modem Intel dan chip baseband lainnya sekitar 33,90 dolar AS, dan ketiga chipset A10 Fusion yang dikatakan seharga  26,90 dolar AS. Perkiraan ini mungkin tidak 100% akurat karena Apple masih bisa mendapatkan diskon untuk pemesanan dalam jumlah besar.

Perlu diingat, biaya sebesar 220 dolar bukan merupakan modal Apple untuk membuat iPhone, melainkan hanya harga komponennya saja. Tentu masih ada pengeluaran lainnya seperti R & D, pemasaran, desain, dan sebagainya yang juga mempengaruhi harga akhir.

CEO Apple Tim Cook juga pernah menyatakan bahwa dia belum melihat perkiraan rincian biaya yang mendekati apalagi akurat. (*)

Sumber: Ubergizmo