pulsa-logo

Google juga Siapkan Pixel 3, Laptop Perdana Berbasis OS Andromeda


dian iskandar

Selasa, 27 September 2016 • 15:33

google,pixel,chromebook,pixelbook,chrome OS,andromeda OS,laptop,laptop murah


ilustrasiilustrasi

Beberapa waktu yang lalu,  Google telah menyebarkan undangan ke media untuk menghadiri peluncuran  smartphone perdananya yang disebut  Google Pixel yang dijadwalkan akan berlangsung  tanggal 4 Oktober 2016 di AS. Nantinya, di acara tersebut, Google akan sekaligus memperkenalkan  dua seri Pixel terbarunya, yakni Google Pixel dan Google Pixel XL, yang di mana keduanya dulu dikenal  dengan name code “Sailfish” dan “Marlin”.  

Nah, sebuah kabar terbaru yang dilansir dari Androidauthority menyebutkan bahwa Google dikabarkan sedang menggarap  Google Pixel 3. Adapun Google Pixel 3 adalah perangkat laptop  yang akan menjalankan OS terbaru Google yakni OS Andromeda dan akan diperkenalkan pada Q3 tahun 2017.

Menurut  kabar  tersebut,   laptop Google baru  itu dikenal secara internal  dengan name code  'Bison' dan menurut  keterangan dari beberapa  narasumber  di Google, menyebutkan  bahwa  Pixel 3  akan menjadi perangkat laptop pertama yang menampilkan sistem operasi  baru buatan Google yakni OS  Andromeda.

OS  Andromeda sendiri merupakan sistem operasi baru besutan  Google yang mengitegrasikan antara Chrome OS  dan OS Android. Meski begitu, belum jelas betul  perkembangan  informasi  dari Pixel 3 ini,  apakah ada kemungkinan Google berencana untuk merilis Chromebook Pixel.

Bicara soal OS  Andromeda yang dikembangkan dari OS Android dan  Chrome OS, kemungkinan bahwa semua ekosistem ini akan  “hidup berdampingan”, setidaknya fitur Android akan dikemas menjadi  unik dan khas di Andromeda meskipun ada beberapa ciri Chrome Os yang dipertahankan.   

Chromebook yang merupakan   laptop murah buatan Goole yang ditujukan untuk  kebutuhan pendidikan, untuk segmen pelajar dan mahasiswa   tentu tidak memenuhi parameter  untuk OS Andromeda yang mengantarkan  era baru yang menarik untuk  pendekatan  komputasi  awan (cloud)  dan ditujukan untuk segmen high-end.

Pixel 3 aka Bison disebut-sebut akan dibekali dengan layar 12.3-inchi yang dilengkapi dengan  layar sentuh sehingga laptop dapat bekerja dalam mode tablet (moda Hybrid). Laptop ini akan didukung oleh salah satu  processor  Intel M3 atau prosesor Core i5, atau Core 8  dan didukung oleh  16GB RAM, dan penyimpanan memori internal  32Gb atau 128GB.


Selain itu,  untuk koneksinya, Pixel 3 aka Bison dilengkapi dengan  dua USB Type-C port, headphone jack 3.5mm. Selain itu terdapat  speaker stereo, built-in mikrofon, dan dukungan  baterai yang diklaim dapat  digunakan hingga  10 jam nonstop. Laptop ini memiliki desain yang tipis,  kurang dari 10mm. Namun untuk harga jualnya, kabarnya  laptop ini tidak akan semurah seperti Chromebook saat ini dan diperkirakan harganya lebih dari USD $ 799 (setara dengan Rp.10,5 jutaan).

Google Pixel 3 dalapt digunakan dengan dukungan  stylus Wacom yang dapat dibeli secara terpisah.  Jelas, dengan estimasi dan  titik harga dari Pixel 3 ini  menunjukkan bahwa produk Google terbaru yang menjalankan OS Andromeda  sedikit lebih mahal ketimbang  produk  Apple dan Microsoft. (Nariswari)

Sumber