pulsa-logo

Spotify Segera Akusisi Soundcloud?


Woro Ari Prianto

Kamis, 29 September 2016 • 21:28


Ketatnya persaingan bisnis di layanan streaming musik menjadikan aksi akuisisi menjadi hal yang wajar untuk dilakukan supaya dapat terus bertahan. Meski belum ada pengumuman resmi untuk memastikan kabar ini namun menurut rumor yang berhembus kencang, Spotify dikabarkan akan segera mengambil alih layanan streaming musik lain bernama Soundcloud.

Sebagai perusahaan penyedia layanan streaming musik nomor satu di pasar global, Spotify diketahui telah memiliki banyak sekali koleksi musik streaming dari berbagai label besar, indie dan juga artis yang telah terikat kontrak. Sementara Soundcloud adalah layanan streaming musik yang lebih memfokuskan bisnisnya pada artis-artis non label yang ingin menjual karya mereka sendiri secara online.

Dengan bergabungnya Soundcloud, Spotify dipastikan akan dapat mendulang untung dari penjualan karya seni para artis non label serta memastikannya selangkah lebih maju dari para kompetitornya seperti Play Music atau Apple Music.

Selain potensi perluasan koleksi musik dari artis non label, Soundcloud diketahui juga memiliki potensi pendapatan yang bisa dilihat dari besarnya jumlah pelanggan yang secara aktif menggunakan layanan gratis yang disediakan, yakni mencapai lebih dari 175 juta orang dalam setiap bulannya. (Gkj)

Sumber