pulsa-logo

Membandingkan Google Pixel XL dengan iPhone 7 Plus


Arief Burhanuddin

Rabu, 05 Oktober 2016 • 14:17


Hanya berselang sebulan setelah peluncuran iPhone 7, Google sudah menyiapkan smartphone premium penantang yang berjuluk Pixel. Sama seperti iPhone, Pixel hadir dalam 2 varian masing-masing 5 dan 5,5 inci. Kerap berseteru di meja hijau, kedua sistem operasi ini juga siap berebut pangsa pasar premium. Agar tak salah pilih, sebaiknya Anda menyimak perbandingan hardware dan fitur keduanya dalam tulisan berikut ini:

Hardware

Sebelum Anda memutuskan membeli ponsel, spesifikasi perangkat tentu jadi pertimbangan utama untuk menentukan kelayakn beli sebuah perangkat. Dipatok dengan harga 769 dan 770 dolar untuk masing-masing Pixel XL dan iPhone 7 Plus,  kedua perangkat pintar ini datang dengan kapasitas internal storage yang sama di angka 32GB. Google mempersenjatai Pixel XL dengan dapur pacu Snapdragon 821 yang ditandem dengan RAM 4GB. Sementara Apple membekali iPhone 7 Plus dengan prosesor A10 yang ditemani dengan RAM sebesar 3GB.

Beralih ke layar yang diusung, iPhone 7 Plus hanya dibekali dengan layar 5,5 inci dengan resolusi full HD. Kerapatan piksel yang dimiliki hanya sekitar 401ppi. Sedangkan Pixel XL sudah mengusung layar 5,5 inci AMOLED yang memiliki kerapatan piksel hingga 534 ppi dengan resolusi 1440 x 2560 piksel. Meski Pixel XL unggul di sisi display, namun iPhone 7 Plus yang sudah mengantongi sertifikasi IP67 membuatnya lebih unggul dengan bodi yang tahan air di kedalaman 1 meter hingga maksimal 30 menit.

Kamera

Menggunakan dua buah kamera 12 megapiksel di bagian belakang, Apple menyiapkan lensa tele untuk memperbesar gambar dari jarak jauh tanpa menimbulkan distorsi yang dapat mengurangi ketajamannya. Dengan fitur optical zoom hingga dua kali, Anda tentu mendapatkan gambar yang lebih detail meski diambil dari jarak yang cukup jauh. Sisi pemrosesan foto juga mendapatkan peningkatan dengan disematkannya efek bokeh yang menyajikan gambar dengan efek mendalam layaknya kamera DSLR.

Beralih ke Pixel XL, Google menghadirkan sensor 12 megapiksel berukuran 1.55µm yang memiliki apperture hingga f/2.0. Sama seperti iPhone 7 Plus, Anda juga bisa merekam video dengan resolusi 4K yang dapat langsung Anda back up ke Google Photo. Fasilitas ekslusif yang hanya ada pada Pixel dan Pixel XL adalah back up otomatis foto dan video ke layanan cloud storage Google Photo dalam jumlah yang tak terbatas serta tanpa harus melalui proses kompresi terlebih dulu.


Fitur

Salah satu fitur besar yang ditawarkan Pixel dan Pixel XL adalah keberadaan Google Assistant yang merupakan layanan asisten suara dengan kecerdasan buatan didalamnya. Hadir pertama kali pada aplikasi chatting Google Allo, Google Assistant kini juga dapat Anda gunakan secara langsung dari perangkat. Selain bantuan dari mesin dengan kecerdasan buatan, Google juga menyuntikkan Pixel XL dengan aplikasi screen sharing yang terhubung langsung ke representatif resmi Google selama 24 jam nonstop. Dengan demikian, segala gangguan dan kerusakan pada perangkat yang dialami pengguna dapat segera dibereskan tanpa harus menunggu jam kerja kantor.

Beralih ke iPhone 7 Plus, Apple melangkah lebih jauh dengan merilis SDK yang memungkinkan pengembang aplikasi pihak ketiga memanfaatkan fitur asisten suara pribadi Siri andalannya. Fitur seperti panggilan video, pemesanan kendaraan, pembayaran, pencarian foto dan masih banyak yang lainnya kini sudah dapat ditangani langsung oleh Siri. Foto yang disimpan kini juga dikategorikan berdasarkan orang dan tempat. Pada kategori tempat, Anda bisa dengan mudah menemukan foto-foto yang diurutkan berdasarkan lokasi pengambilannya.

Pada iPhone 7 Plus, Apple merilis aplikasi bernama Home App yang akan dibekali dengan kemampuan mengendalikan seluruh peralatan rumah tangga  milik pengguna yang telah mendukung fitur HomeKit. Sementara untuk mengendalikan smarthome devices dengan Google, maka Anda harus membeli perangkat terpisah bernama Google Home yang merupakan speaker yang dijejali dengan fitur asisten suara layaknya Siri.

Kesimpulan

Dibanderol dengan harga yang sama persis, memilih iPhone 7 Plus atau Pixel XL tentu akan sangat tergantung pada kebutuhan serta lingkungan pergaulan Anda. Jika lingkungan pergaulan Anda lebih banyak menggunakan Android, maka memilih Pixel XL tentu merupakan hal yang wajar. Sementara bila Anda pengguna setia produk Apple, menggunakan iPhone 7 Plus tentu akan lebih mudah disinkronisasikan dengan perangkat besutan Apple lainnya yang Anda miliki.