pulsa-logo

Mau Beli Samsung Z2? Intip Dulu Plus-Minusnya


PULSA

Rabu, 05 Oktober 2016 • 15:14

samsung,samsung z2,tizen,os tizen,kelebihan kekuarangan,plus minus


Samsung Z2Samsung Z2

Belakangan ini di layar kaca santer bermunculan iklan Samsung Z2. Ya, itu adalah ponsel pintar terbaru keluaran Samsung, yang ditujukan bagi konsumen yang ingin mencicipi perangkat smartphone. Atau ditujukan bagi penikmat ponsel fitur (feature phone) yang ingin beralih ke smartphone.

Samsung Z2 dibanderol Rp.899.000, relatif terjangkau untuk segmen pemula sekalipun.  Perlu diketahui pula, ponsel ini berbasis OS Tizen, bukan Android seperti halnya ponsel-ponsel pintar yang banyak beredar saat ini di pasaran.

Dengan label harga tersebut apakah layak beli? Simak dulu kelebihan dan kekurangannya seperti berikut:

Kelebihan

-    Sudah 4G LTE

Samsung Z2 tercatat sebagai ponsel 4G LTE termurah yang dikeluarkan Samsung. Coba saja bandingkan dengan Galaxy J1 mini, yang dibanderol di angka Rp.1 juta-an. Teknologi sudah LTE cat.4, yang secara teoritis mampu mengunduh hingga kecepatan 150Mbps.

Asiknya lagi, Samsung Z2 telah dibekali teknologi VoLTE, untuk panggilan telpon super jernih via koneksi data LTE.


-    Desain cukup bagus

Untuk ukuran ponsel Rp.800 ribuan, smartphone ini tercatat memiliki desain yang cukup menarik. Cukup elegan, dipadu bodi yang terbilang ramping pada ketebalan 10,8mm. Pun ringan, di berat 127 gram saja.

-    CPU quad-core 1,5GHz

Untuk ponsel murah, dukungan prosesor quad-core sudah sangat menarik. Apalagi di sini kecepatannya sudah 1,5GHz. Pun dikombinasikan memori RAM 1GB, yang terbilang sudah lebih dari cukup untuk mendukung akses chating, sosial media, browsing dan lainnya dalam waktu sekaligus (multitasking).

Memang chipset yang dipakai adalah Spreadtrum SC9830, bukan yang popular seperti keluaran Qualcomm atau pun MediaTek. Tapi, dari sisi efisiensi daya dan kinerja, beberapa testimoni menyebutkan chip ini cukup menjanjikan. Selain itu sudah didukung mesin grafis (GPU) Mali-400MP2, yang sudah cukup lumayan untuk gaming sederhana.

-    Memori internal cukup lega

Untuk ukuran smartphone kekinian, hadirnya memori internal 4GB sudah cukup menarik. Tidak lagi kuatir ponsel cepat kehabisan kapasitas penyimpanan saat menginstal aplikasi atau pun menyimpan data/file seperti lagu dan gambar/foto. Pun di Samsung Z2 ini sudah disokong slot kartu memori microSD sampai kapasitas 200GB.

-    Kamera belakang dilengkapi lampu flash

Tak banyak smartphone murah yang dilengkapi fitur lampu flash LED di sisi belakangnya. Tapi Samsung Z2 ini ada. Kekuatan kameranya pun lumayan, 5 MP, dengan diafragma F/2.2, yang cukup sensitif terhadap cahaya. Hingga secara teori bisa cukup baik untuk memotret di kondisi cahaya minim.

-    Koneksi nirkabel komplit

Samsung Z2 telah memiliki saluran koneksi nirkabel berupa WiFi, Bluetooth v4.0. Kanal transfer data microUSB 2.0 pun disediakan.

-    Dual SIM

Smartphone Samsung ini dilengkapi dua buah slot SIM GSM. Ini artinya bisa praktis dipakai oleh pengguna yang memiliki dua nomor GSM. Jadi lebih praktis, tak lagi perlu menenteng dua ponsel saat bepergian.

Kekurangan

-    Layar mungil

Samsung Z2 sebatas menyematkan layar berukuran 4 inci, pada resolusi 480x800 piksel. Untuk saat ini, dimana era broadband dan sosial media, ukuran minimal layar setidaknya 4,5 inci. Malah bisa dilihat sekarang tren smartphone saat ini minim di 5 inci.

Imbasnya untuk menonton video streaming YouTube misalnya, agak kurang nyaman dengan layar kecil. Dan lagi, jenis layar sentuhnya masih TFT, bukan IPS (In-Plane Switching)

-    Aplikasi masih terbatas

Berbasis Tizen, tentunya aplikasi-aplikasi yang bisa diunduh ke dalam Samsung Z2 ini masih terbatas. Kalah banyak dibandingkan yang tersedia di Google Play Store. Namun Samsung menjanjikan kedepannya Tizen Store akan lebih banyak menyediakan aplikasi-aplikasi atau pun game.

-    Belum mendukung BBM dan Path

Memang wajar jika Tizen Store masih belum banyak dihuni aplikasi-aplikasi seperti di Google Play Store. Tapi ini cukup fatal, dimana tidak menyediakan aplikasi BlackBerry Messenger (BBM) dan aplikasi Path. Padahal seperti diketahui dua aplikasi tersebut cukup popular di Indonesia. Tentunya ini menjadi hal penting yang perlu dikompromikan calon pengguna, dimana dia belum akan bisa menikmati BBM.

Akan tetapi, info dari pihak Samsung menyebutkan jika kedua aplikasi (BBM dan Path) saat ini tengah dalam proses pengerjaan, untuk bisa tersedia bagi ponsel Tizen Z2 ini. Tapi belum diketahui kapan bakal siap sedia.

-    Kamera depan masih VGA

Beruntung sih ponsel sekelasnya sudah dilengkapi kamera depan. Tetapi resolusinya sekadar VGA (0,3MP). Jadi jangan berharap banyak hasil foto selfie-nya akan seindah ponsel-ponsel lain yang memiliki resolusi kamera depan lebih tinggi. Meskipun kamera depannya memiliki fitur auto selfie dengan pendeteksi wajah.

-    Kapasitas baterai kecil

Ini salah satu kekurangan krusial di Samsung Z2. Baterainya sekadar berkapasitas 1500mAh. Tentu saja ini relatif kecil, terlebih untuk sebuah perangkat smartphone. Harusnya ponsel sudah dibekali kapasitas baterai di atas 1600mAh.

Tapi mudah-mudahan saja platform Tizen dikawinkan dengan chipset hemat daya yang dipakai, mampu memberikan performa memadai. Tak haus daya dalam mengakomodasi fitur-fitur yang disajikan Samsung Z2 ini.

Nah, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan ponsel 4G LTE terbaru dari Samsung. Bagaimana menurut Anda? (wr)