pulsa-logo

Google Pixel dan Pixel XL Ternyata Bersertifikat IP53


dian iskandar

Kamis, 06 Oktober 2016 • 11:30


Lusa kemarin, tepatnya hari Selasa (4/10) di sebuah event Pixel!  yang berlangsung di San Fransisco,  Google akhirnya meluncurkan duo smartphone  andalannya yakni Google  Pixel dan Pixel XL. Sepanjang acara peluncuran duo Pixel tersebut, Google tidak pernah menyebutkan apakah kedua smartphone itu memiliki semacam fitur perlindungan anti debu atau tahan air. Dan tidak sedikit yang bertanya-tanya tentang hal ini.

Apalagi mengingat  fitur tahan air dan anti debu adalah salah satu fitur  yang sudah umum dimiliki oleh smartphone premium yang dirilis bekalangan ini. Nah, ternyata sekarang Google memberikan konfirmasi  tentang hal tersebut. Google mengatakan bahwa  Google Pixel dan Pixel XL dibekali dengan fitur pelindung anti debu dan tahan percikan air, dengan mengantongi sertifikasi  IP53 yang diperolehnya  bulan lalu.

Seperti dilansir dari GSMArena,  Google menjelaskan bahwa  Google Pixel dan Pixel XL memiliki  sertifikasi  IP53, meskipun ini tidak disebutkan di halaman spesifikasi resmi untuk handset.

Jadi apa artinya ini, IP53 ini? Mari kita bandingkan dengan sertifikasi  dan fitur anti  debu dan tahan air  yang  dimiliki pesaing utama mereka,  dalam hal ini adalah Samsung Galaxy S7 dan Samsung Galaxy Note7 yang memiliki sertifikasi  IP68, sementara  Apple dengan  iPhone 7 dan iPhone 7 Plus membawa sertifikasi IP67. Adapun Pixels, menurut definisi dari kode IP, disebutkan bahwa IP53 adalah “perlindungan pada debu”  dan memiliki perlindungan masuknya cairan ke perangkat  misalnya dalam bentuk tetesan, atau penyemprotan.

Ini  berarti  masuknya debu tidak sepenuhnya bisa dicegah, tetapi dapat meminimalisir  jumlah debu yang masuk, yang mencegah  potensi  untuk mengganggu pengoperasian perangkat. Dan tetesan  air yang jatuh semprotan di setiap sudut vertikal  hingga 60 ° tidak akan memiliki efek yang merugikan.

Sekarang coba bandingkan dengan kedua pesaing ketatnya, yakni  Samsung dan flagships terbaru Apple yang  memiliki fitur  anti debu dan tahan air yang lebih tangguh. Dalam hal ketahanan air, sertifikasi yang dimiliki oleh smartphone terbaru  Samsung  dan Apple  bisa menjamin kedua perangkat itu  setidaknya bisa bertahan direndam di dalam air sampai kedalaman 1 meter  selama 30 menit. Bukan hanya tahan pada cipratan air semata. (Nariswari)


Sumber