pulsa-logo

Tak Mau Bayar Paten Qualcomm, Meizu Digugat di AS dan Eropa


dian iskandar

Senin, 17 Oktober 2016 • 12:06

meizu,meizu pro 6,meizu mx 3,meizu mx pro


Kurangnya  kepedulian dan pemahaman Meizu terkait dengan  paten yang diterapkan dan dijalankan di perangkat Meizu, ternyata  menjadi  boomerang  bagi produsen  smartphone  yang berbasis di Cina tersebut. Karena  kini Meizu terpaksa  menghadapi gugatan  hukum di Eropa dan AS!

Dilansir dari Gizchina,  selama bertahun-tahun Meizu diduga telah menggunakan processor besutan  Samsung namun berupaya  untuk  menghindari  membayar paten  Qualcomm terkait  teknologi nirkabbel LTE  yang Meizu gunakan untuk  akses ke koneksi data lebih cepat.

Bahwa  selama ini  dengan rencana  Meizu  yang merilis smartphone yang  mendukung processor  besutan  Samsung  dan  Mediatek diam-diam, tidak secara resmi, dengan  merilis perangkat Meizu  tersebut  di berbagai pasar internasional. Jelas itu  sangat merugikan  pihak Qualcomm  dan  tidak butuh waktu lama bagi Qualcomm untuk “mencium” gelagat kurang baik dari Meizu  dan mereka sekarang mengambil tindakan hukum terhadap Meizu.

Pertempuran hukum saat ini  sedang berlangsung  antara Meizu  melawan Qualcomm  di Amerika, Perancis dan Jerman, daerah di mana Meizu memasarkan smartphone  LTE mereka yang menggunakan paten Qualcomm  dan dijual  seakan-akan “resmi" dan mengangkangi paten Qualcomm.

Qualcomm pun sangat menyayangkan  bahwa selama ini  Meizu tidak berusaha untuk bernegosiasi dengan mereka,  pada akhirnya  mengarah ke sengketa hukum ini. Sejauh ini  Meizu masih belum banyak memberikan komentar terkait dengan  masalah ini. (*)

Sumber