pulsa-logo

MediaTek Garap Processor Terbaru Helio X27


dian iskandar

Senin, 17 Oktober 2016 • 13:44


MediaTek dikabarkan sedang  mempersiapkan  chipset processor  generasi terbarunya yang akan dijalankan di perangkat  papan  atas / mid-range terbarunya, yang akan disebut sebagai  MediaTek Helio X27.

Menurut sebuah  bocoran gambar yang berasal dari  situs media sosial China, Weibo, Helio X27 memiliki total sepuluh prosesor  yang  diatur dalam tiga tingkatan menggunakan dua model prosesor yang berbeda,  di mana 64-bit ARM Cortex-A53   dikombinasikan dengan inti processor   ARM Cortex-A72 untuk  menghasilkan  tingkat kinerja processor  yang  jauh lebih tinggi.

Dari  gambar screen shot  layar menunjukkan bahwa cluster dual core  Cortex-A72 memiliki clock speed maksimum 2,6 GHz dan ada dua kelompok prosesor quad-core Cortex-A53,  yang masing-masing  memiliki  clock speed  hingga 1,6 GHz.  Dan MediaTek Helio X27 akan dibangun menggunakan proses manufaktur 20nm.

Dilansir dari  Androidheadlines.com,  hal lainnya terkait dengan MediaTek Helio X27, adalah bahwa  chipset baru ini menggunakan arsitektur  tiga lapis HMP (heterogen multi-processing), yang berarti bahwa chipset  ini dapat menggunakan sesedikit atau sebanyak core aplikasi inpidu yang berbeda sebagai beban kerja yang pas atau paling cocok.

Ini akan memungkinkan MediaTek Helio X27 untuk menggunakan  baterai yang relatif sangat efisien, dan  keuntungan utama dengan model pengolahan tiga lapis HMP  akan memungkinkan chipset untuk digunakan untuk tugas multitasking  yang sedang dilakukan, seperti misalnya smartphone tetap dapat  memutar  konten multimedia atau mengecek email saat layar terkunci. Untuk kegunaan aplikasi lainnya, chipset MediaTek biasanya akan menggunakan inti  processor yang  sangat bertenaga.  

Mengenai akan digunakan di perangkat apa saja, kabarnya  MediaTek Helio X27 akan masuk ke dalam berbagai  smartphone generasi terbaru , salah satunya smartphone  besutan  Leeco (meski seri atau modelnya masih belum diketahui).

Sayangnya pada saat ini, kami  belum  memiliki informasi lebih lanjut mengenai spesifikasi lainnya  yang dimiliki MediaTek  Helio X27, seperti GPU terintegrasi atau modem yang digunakan dengan prosesor tersebut . (Nariswari)


Sumber