pulsa-logo

Microsoft Hapus Ribuan Aplikasi Mobile di Windows Store


Woro Ari Prianto

Senin, 31 Oktober 2016 • 15:20

microsoft,windows store


Sejak awal tahun 2016 Microsoft terlihat sibuk melakukan "bersih-bersih" di toko aplikasinya. Microsoft diketahui mengirimkan peringatan kepada banyak pengembang yang memiliki aplikasi mobile, yang diterbitkan di Windows Store.

Para pengembang diinfokan oleh Microsoft jika aplikasi mereka bisa terancam untuk dihapus bilamana mereka tidak secara rutin melakukan pembaruan aplikasi.

Microsoft menekankan bahwa pembaruan aplikasi secara berkala dimasukkan dalam klasifikasi wajib untuk semua pengembang yang memasukkan aplikasinya ke Windows Store. Pengembang diminta untuk mengisi kuesioner berdasarkan sistem, peringkat, usia aplikasi, dan beberapa hal lainnya.

Sejak menerbitkan surat peringatan bagi semua pengembang aplikasi yang ada di Windows Store, Microsoft sudah mulai menghapus banyak aplikasi dari toko aplikasinya tersebut. Itu untuk aplikasi yang tidak diperbaharui. Diketahui ada sekitar 90.000 aplikasi telah dihapus oleh Microsoft dari Windows Store Italia selama 3 pekan terakhir.

Pada 26 September jumlah aplikasi di Windows Store Italia tercatat 329.507. Pada 19 Oktober jumlah itu melorot jauh ke angka 239.216 aplikasi. Ada total sebanyak  90.291 aplikasi yang dihapus dari Windows Store Italia. Itu artinya 27,4% dari total jumlah aplikasi yang tersedia di Windows Store Italia itu telah 'dibinasakan' oleh Microsoft. Angka itupun hanya mencakup Windows Store Italia, belum memperhitungkan akun aplikasi yang dihapus dari Windows Store di pasar lain.

Langkah  Microsoft ini layak diapresiasi. Tujuannya untuk menjamin ekosistem Windows tetap banyak diminati pengguna. (Nrs)


sumber