pulsa-logo

Tanggapan Menkominfo Soal Apple dan TKDN 30% di 2017


PULSA

Rabu, 02 November 2016 • 23:01

Apple, R&D Apple,Kominfo,Rudiantara, TKDN 2017


Menkominfo RI, RudiantaraMenkominfo RI, Rudiantara

Per 1 Januari 2017 mendatang aturan TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) 30% untuk perangkat 4G akan mulai dijalankan. Aturan yang dirancang oleh Kementerian Kominfo, Kementerian Perindustrian dan Kementerian Perdagangan itu sedianya diarahkan kepada nilai tambah dari perangkatnya, bukan kepada perangkat kerasnya.

Terkait TKDN ini Menkominfo Republik Indonesia, Rudiantara kembali memberikan penegasan, yang disampaikan di sela-sela pembukaan Indocomtech 2016 di JCC Senayan Jakarta, (02/11). "Agar Indonesia tidak hanya menjadi pasar, pemerintah membuat kebijakan pada kandungan lokal 30%. Ini tidak hanya difokuskan pada hardware, kalau hanya hardware kita ini akan menjadi bangsa blue-collar, kita ini akan diadu-adu dengan Kamboja, Vietnam," ungkap Rudiantara.

Menteri Rudiantara aka Chief RA juga memberikan pandangan bahwa Indonesia harus lari ke pengembangan aplikasi/software agar mampu bersaing dengan para pabrikan global. "Kita harus keluar dari itu harus lari ke software kepada aplikasi, di situlah kita akan menang. Kita masyarakatnya jauh hampir 50% penduduk ASEAN, kita akan menang", jelas Rudiantara.

Salah satu langkah yang dapat ditempuh oleh perusahaan telekomunikasi global dalam memenuhi TKDN 30% diantaranya adalah dengan membangun tempat R&D di Indonesia. Tampaknya hal itu lah yang akan dilakukan oleh pabrikan pembesut iPhone -Apple.

"Komitmennya Indonesia itu akan menjadi lokasi R&D dari Apple di luar Amerika, nomor dua setelah Brazil, di tahun 2017 mulai diimplementasikan. Yang terlibat ada Kementerian Kominfo, Perdagangan dan Perindustrian. Sekarang izin-izinnya sedang dilakukan oleh Apple," ungkap Rudiantara.

Pembangunan kantor R&D di Indonesia oleh Apple di tahun 2017, dalam rangka pemenuhan TKDN, menurut Menkominfo harus dilakukan agar produk-produknya bisa dijual di tanah air. "2017 itu harus, kalau ngga mereka (Apple) ga boleh dagang. Beli iPhone 7 di luar negeri deh!" tandas Rudiantara.

Rudiantara menginformasikan jika pihak Apple sudah melakukan survei lokasi untuk pembangunan kantor R&D-nya di tanah air. Menkominfo berharap lokasinya tidak hanya di Jakarta, tetapi bisa bertahap dibangun di lokasi lain, biar lebih Indonesia sentris. "Jangan hanya di Jawa, jangan hanya di Jakarta. Kalau ekosistemnya menunjang (luar Jawa) kenapa tidak," pungkas Rudiantara. (wr)