pulsa-logo

Pengguna Android Lebih Sering Menghapus Aplikasi Dibanding iOS


Arief Burhanuddin

Senin, 21 November 2016 • 11:50


Baik Android maupun iOS sama-sama mengandalkan toko aplikasi sebagai salah satu mesin penangguk keuntungan. LAgipula, akan diisi apa sebuah smartphone smartphone jika tanpa toko aplikasi?

 

Aplikasi harus memiliki daya tarik yang kuat. Mereka harus menyediakan fitur yang oke dan baik agar tetap berada smartphone pengguna. Namun jika membandingkan antara pengguna Android dan iOS, tampaknya Android gagal untuk membangun keterikatan dengan penggunanya.

 

Platform analitik AppsFlyer mencoba mentracking 500 aplikasi di 20 juta smartphone antar bulan Oktober hingga September 2016. Fokus mereka dapalah aplikais yang diinstal di sistem operasi Android dan iOS.

 

Hasilnya, 3 dari 10 aplikasi yang terpasang akan dihapus oleh penggunannya. Yang menarik, pengguna android dua kali lebih banyak menguninstal aplikasi dibanding pengguna iOS.


 

AppsFlyer juga mengemukakan fakta bahwa Amerika Serikat merupakan negara dengan jumlah uninstal aplikasi paling rendah dibanding negara-negara lain. Sementara itu di negara-negara berkembang dimana didominasi oleh smartphone-smartphone entry level dengan harag terjangkau, kasus uninstal aplikais menjadi yang tertinggi.

 

Laporan AppsFlyer juga mengemukakan fakta bahwa 43 persen pengguna Android lebih sering menghapus games dibanding pengguna iOS (13%).

 

Apa yang menyebabkan pengguna smartphone menghapus aplikasi?

 

Alasannya ternyata sederhana, yaitu keterbatasan ruang simpan. iPhone dan juga iPad rata-rata memiliki memori internal yang lebih luas dibanding ponsel Android. Standar ruang simpan terkecil untuk produk iOS terbaru saat ini adalah 32GB sedangkan android terbaru saat ini ada yang masih memakai memori 8GB.

 

Jadi sebelum Anda menduga-duga apakah proses penghapusan aplikasi berkaitan dengan harga, rate, atau fitur yang ada di aplikasi, tidak! Semuanya berkaitan dengan minimnya kapasitas storage yang ada.

 

Sumber: Techtimes