pulsa-logo

Ini Penyebab Meledaknya Baterai Samsung Galaxy Note7 Versi Lembaga Independen


dian iskandar

Selasa, 06 Desember 2016 • 15:51

Ini Penyebab Meledaknya Baterai Samsung Galaxy Note7 Versi Lembaga Independen


Pasca recall dan penghentian penjualan Galaxy Note 7 terbaik insiden ledakan dan terbakarnya beberapa unit produk tersebut, Samsung menegaskan bahwa pihaknya terus berupaya untuk menyelediki dan menelusuri akar penyebab dari meledaknya dan terbakarnya unit Galaxy Note 7. Dan mereka pun menjanjikan akan membuka hasil penyelidikan mereka tersebut pada akhir tahun ini.

Rupanya, ada beberapa upaya di luar Samsung yang juga ikut menyelidiki kasus ini. Sebuah lembaga independen bernama Instrumental seperti dikutip dari GSMArena, , menyebutkan bahwa ternyata komponen baterai bukanlah menjadi penyebab di balik masalah pada Note 7, tetapi sebaliknya.

Instrumental yang merupakan perusahaan independen yang mengkhususkan diri dalam alat dan jasa engineering, telah mempreteli dan memeriksa lebih dekat terkait masalah di Galaxy Note 7. Dan darihasil yang mereka peroleh memiliki pandangan berbeda tentang masalah tersebut.

Singkat cerita, perusahaan tersebut menyebutkan bahwa Samsung terlalu agresif dalam desain. Ini tak menyisakan ruang lebih untuk baterai ponsel. Akibarnya, baterai menjadi terdesak,  membengkak bahkan dalam penggunaan normal. Setiap insinyur yang ahli di bidang komponen baterai pasti akan memberitahu Anda bahwa amat perlu untuk member ruang pada langit-langit di atas baterai, setidaknya 10% adalah ruang yang paling ideal. Dan sayangnya Samsung mengabaikan hal ini.

Samsung memiliki tugas berat untuk mengemas desain seindah mungkin untuk Galaxy Note, sekaligus untuk menawarkan baterai yang lebih baik dari pendahulunya. Sementara memiliki desain lebih ramping, baterai Li-Po yang dijalankan di Galaxy  Note7 ini adalah terdiri dari lapisan ion positif dan lapisan negatif yang dipisahkan oleh polimer. Itu memungkinkan energi mengalir antara dua lapisan tanpa mereka saling menyentuh, karena sekali itu terjadi, baterai pastiakan meledak karena meningkatnya perpindahan panas dan energi yang lebih besar.

Instrumental mencatat bahwa setelah diamati lebih dekat, perjuangan tim engineering Samsung untuk meningkatkan resiko keamanan dan batas ekstrim di Galaxy Note 7 sebenarnya sudah bagus. Sayangnya, upaya para insinyur dan tim ahli di Samsung ini belum diimbangi oleh upaya untuk memaksimalkan keamanan yang diakibatkan oleh factor desain. (nrs/isk)

Sumber: GSMArena