Atrk
ads skin gagal

BlackBerry Perpanjang Kerjasama dengan TCL

  • Naris
  • Friday, 16 December 2016 08:38
  • Published in News

DTEK 50 Images Data 2016 Desember Thumb Other400 0

TCL, yang merupakan salah satu pabrikan smartphone  yang berbasis di  Cina, ternyata menarik perhatian BlackBerry ketika  akhirnya perusahaan asal Kanada itu  memutuskan untuk keluar dari bisnis pembuatan hardware dengan  manufacturing mereka sendiri.  Setelah itu, BlackBerry mempercayakan  proses pembuatan  hardware  dari smartphone BlackBerry yang dirilis baru-baru ini yakni DTEK50 dan DTEK60 pada  TCL.

TCL secara penuh menangani manufacturing  smartphone BlackBerry generasi terbaru tersebut,  dan menjadi  produsen di balik smartphone BlackBerry terbaru.  TCL, sejauh ini menjadi satu-satunya produsen pihak ketiga yang dipercaya oleh  BlackBerry untuk memproduksi  smartphone berlisensi  keamanan  BlackBerry dan bermerek  BlackBerry . Dan tampaknya hubungan kerjasama tersebut akan terus berjalan dalam waktu yang sangat lama.

Seperti dilansir dari AndroidHeadlines,  hal ini diketahui setelah  beberapa hari yang lalu BlackBerry telah mengumumkan bahwa mereka telah membuat kesepakatan jangka panjang eksklusif dengan TCL untuk menjadi satu-satunya perusahaan pihak ketiga  yang memiliki akses ke perangkat lunak dan keamanan eksklusif  besutan BlackBerry Suite, serta hak untuk membuat ponsel dengan brand  BlackBerry.

Per ketentuan kesepakatan tersebut, BlackBerry akan memasok perangkat lunak  untuk ponsel yang akan diproduksi oleh TCL, termasuk setiap fitur  dan semua  aplikasi khas BlackBerry  seperti BBM, bersama dengan perangkat lunak keamanan khas BlackBerry. BlackBerry akan tetap  bertanggung jawab untuk menjaga aplikasi dan firmware ponsel up to date. Sementara itu, TCL  akan tidak hanya memproduksi ponsel , namun  mereka juga akan mengurus rantai distribusi smartphone  dan menawarkan dukungan pelanggan.

Menurut siaran pers yang dikeluarkan oleh BlackBerry, akan ada tim khusus dalam TCL yang dimaksudkan untuk menangani logistik, publisitas, promosi  dan penjualan perangkat bermerek BlackBerry. Hal ini tidak secara eksplisit dinyatakan dalam siaran pers, tetapi tampaknya bahwa perangkat BlackBerry di masa depannya  yang diproduksi oleh TCL akan berbasis OS Android, meskipun bukan tidak mungkin di masa depan BlackBerry dan TCL akan memproduksi  handset BlackBerry dengan OS BlackBerry sendiri.

Perjanjian ini, sekaligus menandai  kontrak global pertama BlackBerry, yang dimana jelas-jelas  menurunkan peran BlackBery  secara permanen sebagai pencipta perangkat  keras smartphone BlackBerry. Sedangkan  TCL  dengan penandatanganan kerjasama ini  wajib untuk memenuhi setiap kewajiban lainnya yang berhubungan dengan proses memproduksi  dan menjual smartphone bermerek BlackBerry.

Menurut Ralph Pini  (BlackBerry Chief Operating Officer)  perubahan strategi BlackBerry ini  akan banyak membantu BlackBerry untuk lebih fokus pada pengembangan di bisnis perangkat  lunak mereka, sementara di sisi lain tetap  memungkinkan smartphone  dengan lisensi mereka tetap ada dan eksis di  pasar global. (nrs/isk)

Sumber: AndroidHeadlines

 

Rate this item
(0 votes)