Atrk

Nokia Gugat Apple Terkait Pelanggaran Paten di AS dan Jerman

  • Nariswari
  • Thursday, 22 December 2016 13:40
  • Published in News

Nokia Vs Apple Images Data 2016 Desember Thumb Other400 0

Di tahun 2009 lalu, Nokia pernah menggugat Apple karena dianggap melanggar 10 paten besar yang dimiliki oleh vendor asal Finlandia tersebut, yakni saat peluncuran iPhone pertama pada bulan Juni 2007. Kala itu Apple dan Nokia pun akhirnya mencapai kesepakatan pada penggunaan paten yang konon berjalan sampai akhir tahun ini.

Kini seperti dilansir Phone Arena, (22/12), Nokia ternyata menemukan hal baru yang menunjukkan bahwa Apple menggunakan paten Nokia lebih banyak dari yang tertera di perjanjian sebelumnya. Dan banyak dari produk Apple ini masih menggunakan paten Nokia. Hal inilah yang mendorong Nokia kemudian mengajukan gugatan baru terhadap Apple.

Sebagai info, pada tahun 2009 Nokia membeli NSN yang merupakan perusahaan patungan antara Nokia dan Siemens. Lalu tahun 2013 mengakuisisi Alcatel-Lucent. Dari proses akuisisi tersebut masing-masing memiliki portofolio besar di ranah kekayaan intelektual, yang tentu saja menjadi milik Nokia.

Gugatan Nokia itu telah diajukan ke Pengadilan Daerah di Dusseldorf, Mannheim, dan Munich di Jerman. Juga di Pengadilan Distrik AS untuk Distrik Timur Texas. Setidaknya ada  32 paten yang termasuk ke  dalam gugatan ini, dimana meliputi teknologi yang berkaitan dengan UI, layar, chipset, antena, perangkat lunak dan beberapa bagian lain.

"Melalui investasi berkelanjutan kami dalam penelitian dan pengembangan, Nokia telah menciptakan atau berkontribusi di banyak teknologi dasar yang digunakan dalam perangkat mobile saat ini, termasuk produk-produk Apple. Setelah beberapa tahun perundingan yang alot, kami mencoba untuk mencapai kesepakatan dengan Apple  untuk menutupi penggunaan paten kami ini oleh Apple, dan kami sekarang mengambil tindakan tegas untuk membela hak-hak kami," ujar Ilkka Rahnasto, Kepala Bisnis Paten Nokia. (Nrs/Wr)

Sumber: Phone Arena

Rate this item
(0 votes)