pulsa-logo

Terbaru! Inilah 10 Smartphone Paling Mudah Diperbaiki


Woro Ari Prianto

Jum'at, 23 Desember 2016 • 19:44


Menjelang tutup tahun 2016, iFixit yang biasa "membongkar" perangkat ponsel/smartphone kembali merilis daftar yang berisi deretan ponsel yang paling mudah serta paling susah untuk diperbaiki.

Sebagai komunitas pembuat instruksi perbaikan perangkat elektronik ternama dunia, dimana telah bertahun-tahun membuktikan keahliannya dalam membongkar berbagai merek ponsel yang edar di pasaran, iFixit di akhir tahun ini secara terbuka membeberkan kepada publik ponsel-ponsel apa saja yang paling mudah dan paling sulit untuk diganti komponennya.

Tentunya data dan info dari iFixit menjadi penting bagi calon konsumen, mengingat hal tersebut menjadi gambaran waktu penyelesaian bila perangkat tersebut mengalami kerusakan atau kendala lainnya.

Nah, sebelum Anda memutuskan berbelanja ponsel di akhir tahun ini, baiknya simak terlebih dahulu daftarnya dari iFixit sebagai berikut:

1. LG G5

LG G5 berada di urutan paling atas sebagai ponsel yang paling mudah diperbaiki berkat konsep modular yang diusung olehnya.



Komponen rusak dari ponsel ini dapat dengan mudah diganti berkat desain removable yang menjadi ciri khas ponsel modular buatan pabrikan asal Korea Selatan ini. LG G5 mendapatkan nilai 8 dari 10 skala yang ditetapkan iFixit sebagai ponsel yang paling mudah untuk diperbaiki.

2. Google Pixel dan Pixel XL

Berada di urutan kedua adalah perangkat terbaru besutan Google, yang oleh iFixit diganjar dengan nilai 7. Bagian-bagian dalam dari perangkat yang mudah diganti nyatanya membuat iFixit cukup terkesan dengan ponsel yang pembuatannya dilakukan di pabrik milik vendor HTC ini.

Namun demikian iFixit menegaskan bahwa Pixel dan Pixel XL ternyata harus dipecahkan lebih dulu layarnya agar petugas servis dapat membongkar bagian-bagian dalam perangkatnya.

3. Apple iPhone 7 dan 7 Plus

Ponsel ini mendapatkan nilai yang sama dengan Google Pixel/XL, dimana iPhone 7 dan 7 Plus memiliki empat sekrup yang dapat dibuka guna memberikan akses kepada petugas servis untuk mengganti layar dan baterai perangkat yang mengalami kerusakan.

4. Apple iPhone SE

Mendapatkan nilai 6. Petugas servis dapat mengganti baterai atau layar perangkat yang mengalami kerusakan. Namun membuka sekrup iPhone SE berisiko tinggi merusak kabel Touch ID perangkat.

5. Samsung Galaxy Note 7

Perangkat yang telah ditarik peredarannya akibat skandal baterai ini mendapatkan nilai 4 dari iFixit. iFixit menegaskan produk dari raksasa elektronik asal negeri ginseng tersebut sangat sukar dibuka untuk dilakukan perbaikan atau sekadar diganti baterainya.

6. Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge

Perangkat ini mendapatkan nilai 3 dari iFixit, dimana dinobatkan sebagai perangkat dengan tingkat kesulitan perbaikan yang tertinggi. Paduan material berbahan logam dan kaca keras dari S7 dan S7 Edge ini membuat perangkat ini hampir mustahil untuk dibuka. (Glg/Wr)

Sumber: Phone Arena