Atrk

Layar LG G5 Bakal 'Aneh', Bezel Makin Tipis

LG Display, sayap independen perusahaan LG yang bergerak di bidang pembuatan layar hari ini mengumumkan kemunculan produk layar LCD baru dengan diagonal 5,7 inci. Yang agak aneh, LCD ini mengusung aspek rasio tinggi-lebar yang tak biasa yaitu 18:9 dengan resolusi QHD+. 
 
LG Display sendiri mengumumkan bahwa layar baru tersebut nantinya akan dipergunakan di smartphone flagship LG berikutnya. LG sebelumnya menggunakan rasio layar serupa di produk LG G2 nya yang laris manis, namun kemudian meninggalkannya dan beralih ke model yang lebih besar yang lebih memprioritaskan fitur desain lainnya.
 
Dibanding aspek rasio 16:9 yang biasa digunakan di smartphone, angka 18:9 menjadi menarik karena memberi ruang tambahan di luar rasio tradisional 16: 9, yang sangat cocok untuk konten layar lebar. Xiaomi Mi Mix memiliki rasio layar 17: 9, yang memungkinkannya untuk menambahkan tombol virtual luar kotak 16: 9. Pilihan LG untuk mengadopsi layar yang lebih tinggi dan lebih luas bisa menjadi petunjuk bahwa mereka memiliki sesuatu yang lain ditambahkan ke dalam layar. Hal tersebut pernah diimplementasikan LG pada seri V10 dan V20, dimana terdapat layar tambahan di bagian atas.
 
Dengan tren semakin bezel yang semakin tipis, LG G6 ditengarai akan memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding Mi Mix milik Xiaomi. Seperti diketahui, Xiaomi Mi Mix memiliki diagonal layar 6,4 inci dan hanya sedikit lebih besar dari iPhone 7 Plus. LG G6 mungkin akan memiliki ukuran lebih kecil dan mlebih mendekati Sony Xperia XZ atau LG sendiri G5 yang berukuran 5,3 inci. LG Display menyatakan bahwa panel layar baru tersebut akan membutuhkan bezel yang lebih kecil 10 persen di bagian sisinya dan 20 persen di bagian atas-bawah. 
 
Sumber artikel dan foto: The Verge
 
Rate this item
(0 votes)