Atrk

Perkenalkan DUO, Action Cam dengan Penjejak Thermal Ala Film "Predator"

Flir DUO, kamera drone pertama dengan kemampuan penjejak panasFlir DUO, kamera drone pertama dengan kemampuan penjejak panasFlir dikenal sebagai perusahaan pembuat perangkat penjejak panas sejak tahun 70an. Jika Anda pernah melihat film "predator" dimana makhluk buas yang ditampilkan mampu melihat pergerakan musuhnya di malam hari berdasarkan jejak panas tubuhnya, kira-kira begitulah teknologi FLIR bekerja.
 
Dalam beberapa tahun terakhir, teknologi FLIR telah diaplikasikan di berbagai perangkat termasuk untuk smartphone dan aksesoris smartphone. Dan di ajang CES 2017 Las Vegas yang baru saja berakhir, Flir unjuk gigi dengan menampilkan  perangkat mandirinya berupa kamera termal untuk drone yang disebut Duo.
 
Duo berukuran  kira-kira sama dengan GoPro dan dua kamera yang berbeda fungsi. Satu kamera HD  dengan resolusi 1080 pixel, dan satu lainnya merupakan kamera thermal-imaging. Kamera tersebut akan mengambil gambar termal yang diwakili dalam beberapa warna seperti oranye untuk mewakili suhu panas dan biru untuk dingin. Anda dapat dengan mudah beralih di antara kedua kamera tersebut tapi fungsi yang paling menarik adalah saat Anda menggunakan mode gabungan kedua kamera. HAl ini akan menghasilkan layer rincian dari kamera HD ke foto termal. Hal itu menjadikan gambar termal yang terrekam menajdi sangat tajam.
 
Meskipun ada banyak pilihan kamera untuk drone, saat ini Duo adalah satu-satunya kamera termal yang dirancang untuk tujuan tersebut. Duo dapat digunakan dalam berbagai skema misalnya terbang di atas properti pertanian untuk memeriksa pipa irigasi, menemukan hewan yang hilang, memeriksa array surya untuk hot spot, atau menciptakan adegan menarik seperti yang ada di film "Predator."
 
Kamera Duo sebenarnya ditujukan untuk penggunaan komersial. Namun Anda yang sudah terlanjur jatuh cinta tak perlu risau karena Flir mengeluarkan varian Duo R ("R" singkatan radiometrik) yang ditargetkan untuk penggunaan profesional. 
 
Kamera Duo dapat digunakan pada setiap drone yang kompatible dengan mount GoPro. Selain itu, Flir juga telah bekerja sama dengan perusahaan drone Autel dan menggunakan aplikasi Flir UAS. The Duo dibanderol seharga $999 (sekitar 13 juta rupiah) sedangkan Duo R dilabeli $ 1299 (17 jutaan).
 
sumber: CNET
Rate this item
(0 votes)
  • Last modified on Wednesday, 11 January 2017 14:24
  • font size