pulsa-logo

Seluk Beluk Powerbank(2): Apakah Powerbank Bisa Merusak Hp?


Arief Burhanuddin

Kamis, 19 Januari 2017 • 13:21

powerbank, merusak hp, powerbank, abal abal


Di kalangan konsumen pengguna gadget dan smartphone, seringkali timbul rasa khawatir, apakah penggunaan powerbank untuk menyambung daya baterai aman untuk gadget mereka. Terlebih jika gadget yang dipunyai harganya mahal , sayang rasanya jika rusak.

 

Mengenai hal itu, Praktisi gadget dan juga pemilik brand powerbank DellCell, Denny mengemukakan pendapatnya. “ Jika kita berbicara secara general dalam arti tidak melihat kualitas powerbank baik atau tidak, sebenarnya lebih aman pakai powerbank daripada menggunakan listrik.”

“Sejelek-jeleknya powerbank paling menghasilkan voltase 5 volt, sedangkan listrik di rumah bisa menghasilkan hingga 220volt. Jika bicara soal kemungkinan tersetrum, ya (lebih mungkin) listrik. Belum ada kasus orang tersetrum powerbank,” Imbuhnya. 

 

“Namun jika kita bicara karena kualitas powerbank, misalnya karena banyak powerbank yang kualitasnya jelek, maka kemungkinan untuk merusak smartphone ada. Sama halnya jika kita menggunakan charger dengan kualitas yang jelek, maka juga ada kemungkinan untuk tersetrum listrik rumah yang 220 volt itu,” Jelas Denny. “Jadi jika ada pertanyaan apakah powerbank bisa merusak (gadget), kita lihat dulu kalau powerbanknya memang ngga bener ya kemungkinan itu ada.”

 


 “Powerbank yang tidak jelas spesifikasinya, powerbank ngasal, tentu berbahaya bagi smartphone. Agar aman, carilah powerbank yang berani memberikan garansi. Biasanya, powerbank yang jelas pasti menyertakan garansi,” Tips Denny. “Jadi kalau ada apa-apa, kita bisa klaim,” Imbuhnya.

 

“Pengalaman saya, jika ada pelanggan yang bertanya misalnya nanti powerbank yang Saya jual merusak smartphonenya, maka saya bertanggung jawab terhadap smartphonenya. Ya misal karena produk saya merusak barang orang lain, masak saya ngga tanggung jawab?,” Tegasnya.