pulsa-logo

Tidak Ingin Dicap Latah, Indosat Klaim Sudah Siapkan Teknologi 4.5G Sejak Lama


Hairuddin

Kamis, 19 Januari 2017 • 13:37

Indosat, Ooredoo, 4.5G, Jaringan, MIMO,


Meski era 4G di tanah air masih terbilang baru ‘menggeliat’, namun tuntutan untuk meningkatkan teknologi ke arah yang lebih maju lagi nyatanya sangat kuat. Kini, operator seluler di Indonesia mulai menjajaki dan mengembangkan teknologi lanjutan 4.5G yang digadang-gadang sebagai ‘batu loncatan’ untuk menyambut era 5G.

Selain Telkomsel, XL dan Smartfren yang sudah menguji coba jaringan 4.5G mereka, Indosat Ooredoo pun menyatakan siap melayani pelanggan setianya dengan koneksi jaringan 4.5G. Namun tidak ingin dicap latah, Yune Marketatmo, Group Head Network Strategy and Solution Indosat Ooredoo, mengatakan bahwa jaringa 4.5G Indosat Ooredoo sendiri telah disiapkan sejak jauh-jauh hari.

“Kita sudah menyiapkan jaringan 4,5G sejak 2012 seiring dengan modernisasi yang kita lakukan. Lebih dari 80 persen BTS kita sudah dilakukan modernisasi terkait teknologi ini. Tinggal update software saja,” ujar Yune kepada awak media di kantor pusat Indosat Ooredoo, Jakarta, Rabu (18/1).

Teknologi 4.5G sendiri tidak hanya menawarkan keunggulan di sisi kestabilan jaringan, tapi juga memiliki latensi rendah yang mampu menghadirkan akses lebih cepat dalam membuka aplikasi. Selain itu, teknologi ini pun mampu menjangkau area yang luas, dengan penyebaran koneksi yang lebih merata.

“4.5G pada dasarnya hanya tambahan kapasitas saja bukan sebuah teknologi baru. Hanya pelanggan dapat merasakan kenyamanan saat melakukan aktivitas Internet,” Tambah Yune.

Pelanggan yang selama ini sudah menggunakan kartu 4G saat akan menggunakan 4,5G tidak perlu mengganti kartu, karena secara otomatis akan berubah menjadi dengan sendirinya.

"Pelanggan nanti akan merasakan sendiri kecepatan yang diperoleh saat menggunakan data di alat komunikasinya," katanya.


Indosat Ooredoo sendiri telah mengimplementasikan teknologi 4.5G ini di beberapa kota yang memiliki tingkat konsumsi akses datanya tinggi seperti Jakarta, Bandung dan Yogyakarta.(Udn)