pulsa-logo

Wow! Lumia 1020 Bisa Disulap Jadi Mikroskop Pengenal DNA


Woro Ari Prianto

Kamis, 19 Januari 2017 • 16:31

Nokia,lumia 1020,mikroskop


Lumia 1020Lumia 1020

Nokia Lumia 1020 dirilis Juli 2013, yang bisa dibilang sebagai salah satu ponsel legendaris pabrikan asal Finlandia itu. Ponsel ini diketahui masuk sebagai salah satu smartphone berfitur kamera terbaik yang dihadirkan di pasar global.

Meski usianya hampir menginjak 4 tahun sejak kali pertama dikenalkan, tapi semua pengguna Lumia 1020 tidak akan menampik bahwa kamera ponsel ini merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Kameranya beresolusi 41MP memakai sensor Carl Zeiss, dibekali fitur OIS, dan didukung LED flash Xenon yang memiliki kualitas sangat baik untuk menghasilkan foto yang detail meski dalam ukuran yang jumbo, semisal untuk poster dan banner. Maka tak heran jika setelah 4 tahun usianya kini, Nokia Lumia 1020  tetap menjadi salah satu smartphone kamera terbaik.

Kini berdasarkan lansiran Phone Arena, (19/01), Nokia Lumia 1020 dikabarkan bisa disulap menjadi mikroskop digital. Ada ilmuwan dari UCLA dan Swedia dilaporkan telah membangun mikroskop digital kompak yang memanfaatkan kamera di smartphone Lumia 1020 dengan dua LED flash. Dan dapat digunakan untuk mendiagnosa molekuler serta pengenalan DNA di laboratorium DNA terpadu.

Itu bisa menjadi sebuah pengembangan yang cukup penting. Karena tim ilmiah di balik proyek itu mengatakan bahwa mikroskop berbasis smartphone dengan fitur kamera bagus dapat memungkinkan dokter melakukan diagnosa secara kompleks dan lebih mudah di berbagai tempat tanpa memerlukan peralatan laboratorium khusus.

"Dengan berkembang pesatnya teknologi pencitraan, daya komputasi, dan konektivitas, maka smartphone  dapat membantu menerjemahkan pengukuran biomedis dari lingkungan laboratorium untuk berbagai keperluan medis, dan salah satunya adalah pengenalan DNA," tulis para peneliti dalam makalah mereka. (nrs/wr)

Sumber: Phone Arena