pulsa-logo

Lewat Aplikasi Ini, Samsung Bantu Perangi Buta Warna


Nariswari

Senin, 23 Januari 2017 • 17:19

Lewat Aplikasi Ini, Samsung Bantu Perangi Buta Warna,aplikasi buta warna


sumber; AndroidHeadlinessumber; AndroidHeadlines

Samsung berupaya membantu memerangi  buta warna lewat sebuah aplikasi bernama  See Color. Meskipun aplikasi itu sendiri tentu saja merupakan bagian besar dari upaya Samsung  untuk membantu orang  yang mengalami kesulitan dalam membedakan warna  yang dinamakan Color Vision Deficiency yang memungkinkan orang untukmelihat spektrum penuh warna untuk pertama kalinya.

Dalam menggarap aplikasi ini, Samsung bermitra dengan sebuah perusahaan bernama Colorlite. Sementara aplikasiini akan kompatibel dengan smartphoneberbasis  OS Android. Namun Samsung mengatakan bahwa aplikasiini juga akan bisad ijalankan di  TV pintar berbasis OS Tizen.

Seperti dilansir dari Androidheadlines,  aplikasi ini bekerja dengan pertama menganalisis tingkat keparahan seseorang yang memiliki CVD, dan mampu mendeteksi kemampuan melihat warna pada tiap orang sehingga menghasilkan penilaian dari pribadi yang berbeda.

Setelah tingkat CVD (tingkatbutawarna) terdeteksi maka aplikasi ini kemudian dapat mengkalibrasi ulang layar untuk menyesuaikan spektrum warna sehingga muncul cara orang dengan penglihatan normal akan melihatnya, sehingga orang dengan CVD akanmampumembedakan warna-warni seperti apa yang dilihatolehmata orang normal.

Samsung mengatakan bahwa aplikasiSee Color  sekarang sudah terinstal dan tersedia pada setiap Samsung SUHD TV keluaran akhir 2016, sedangkan aplikasi untuk smartphone kini sudah tersedia di  Google Play Store dan toko Samsung Galaxy Apps. Aplikasi untuk untuksmartphone saat ini masih terbatas digunakan di beberapa Negara yakni Rumania, Hungaria, dan Bulgaria . Dan Samsung  belum menjelaskan kapan mereka akan merilis aplikasi See Color  untuk smartphone ke lebih banyak Negara lainnya.

Samsung memiliki alasan untuk membantu banyak orang yang  mengidap  CVD, karena sejumlah besar orang yang terkena Color Vision Deficiency (CVD) cukup banyak di seluruhdunia yakni sekitar 300 juta, dan dapat memiliki dampak yang sangat mengganggu terutama pada gaya hidup seseorang dan kepercayaandiri orang tersebut. Tujuan dariaplikasi See Color adalah untuk menunjukkan bagaimana teknologi bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat dengan cara yang menyenangkan dan unik. Anda bisa melihat video demo tentang aplikasi  See Color yang diunggah oleh Samsung di bawah ini. (Nariswari)

Sumber: AndroidHeadlines