pulsa-logo

Jangkau Daerah Terpencil, Indosat Manfaatkan Jaringan Satelit Thuraya


Hairuddin

Senin, 23 Januari 2017 • 19:10

Indosat, Ooredoo, Thuraya, Satelit, IoT,


(foto: arabianindustry.com)(foto: arabianindustry.com)

Untuk memperluas layanan ke daerah-daerah terpencil yang tidak terjangkau jaringan kabel atau selular GSM, Indosat Ooredoo akan memanfaatkan teknologi dan jaringan satelit Thuraya Telecommunications Company.  

Kerjasama ini juga sekaligus menciptakan kerangka kerja masa depan kedua perusaah di tiga bidang utama. Pertama, mengembangkan layanan roaming sehingga pelanggan selular Indosat Ooredoo dapat tetap berkomunikasi di jaringan Thuraya. Kedua, bundling perangkat satelit dengan aplikasi digital Indosat Ooredoo, dan ketiga pengembangan teknologi IoT (Internet of Things).

 

Pemanfaatan jaringan satelit menjadikan karyawan tetap dapat menggunakan aplikasi-aplikasi bisnis sehingga perusahaan dapat memperluas operasi dan layanan di area yang tidak terhubung jaringan telekomunikasi kabel atau selular, atau di lingkungan dengan kondisi yang ekstrim, atau dalam kondisi darurat bencana dimana jaringan telekomunikasi lumpuh.

Berbagai industri seperti minyak dan gas, pertambangan, perkebunan, pelayaran, perikanan dan kelautan, militer dan kepolisian yang beroperasi di luar jangkauan jaringan telekomunikasi kabel dan selular dapat memanfaatkan jaringan satelit untuk meningkatkan produktifitasnya.

 

Herfini Haryono, Director and Chief Wholesale & Enterprise Officer Indosat Ooredoo, mengatakan, “Indosat Ooredoo Business selalu berupaya untuk menjadi mitra penyedia solusi ICT terdepan dan terpercaya bagi pelanggan bisnis dan korporasi. Penandatanganan MoU ini adalah upaya Indosat Ooredoo Business untuk mendukung tranformasi digital para pelanggan korporasi kami dengan dimungkinkannya komunikasi, akses informasi dan aplikasi di lokasi-lokasi terpencil di mana saja.”