pulsa-logo

Ulah Ransomware "Si Penyandera Data" Makin Mengkhawatirkan


Arief Burhanuddin

Selasa, 24 Januari 2017 • 14:52

ransomware, virus, malware, acronis


Saat ini, ancaman terhadap dunia digital tak lagi melulu soal virus, malware dan ancaman pencurian data. Ancaman ransomware juga kian membahayakan.

 

Ransomware sendiri merupakan istilah untuk malware yang memiliki kemampuan tak hanya merusak tapi juga dapat 'menyandera' data Anda. Kebanyakan ransomware akan meminta tebusan supaya data Anda kembali. Bisa dalam bentuk uang tunai, atau uang digital seperti bitkoin dan sejenisnya

 

Hal ini terungkap dalam acara peluncuran layanan personal backup Acronis True Image 2017 New Generation di Jakarta hari ini (24/1). Menurut data FBI, kerusakan yang ditimbulkan oleh ransomware mencapai angka lebih dari 1 miliar dolar USD pada tahun 2016 dan semakin berkembang pada tingkat yang mengkhawatirkan, hal ini dapat mempengaruhi ribuan orang setiap harinya. 

 

Kasus ransomware terakhir terjadi di Perpustakaan kota  Saint Louis, Amerika (23/1). Akibat ulah orang-orang yang tidak bertanggung jawab, 


 

Peminjam buku di perpustakaan tersebut tidak dapat mengembalikan atau meminjam buku lagi. Bahkan mereka juga tidak bisa menggunakan fasilitas komputer di 16 cabang perpustakaan kota. 

 

Perpustakaan di St Louis lumpuh semenjak semua komputer di perpustakaan terinfeksi ransomware. Hacker penyebar ransomare meminta tebusan sebanyak $ 35.000 atau sekitar 466 juta rupiah supaya perpustakaan bisa mendapatkan data dan memulihkan sistemnya yang terdiri dari 700 komputer di 16 perpustakaan umum. Para hacker menuntut tebusan disediakan dalam bentuk mata uang elektronik bitcoin. Para pengambil kepuitusan di kota menyatakan menolak membayar tebusan tersebut dan mengambil langkah ekstrim dengan menghapus seluruh sistem komputer dan membangunnya kembali dari awal, yang mungkin membutuhkan waktu hingga berminggu-minggu. 

 

Solusi

Berbagai macam program pengamanan dibuat untuk melindungi komputer dan gadget dari serangan ransomware. Salah satu layanan proteksi yang hadir di Idnonesia adalah Acronis True Image.

 

Acronis true Image 2017 New Generation merupakan solusi backup yang diklaim mampu melindungi data pad akomputer  Windows, MAc,. dan juga perangkat smartphone berbasis iOS dan Android. True Image disebut juga dapat membackup data dari akun jejaring sosial Facebook, data pribadi dan juga dtaa keluarga dengan menggunakan enkripsi AES 256 dan menyimpan di banyak tempat, termasuk external drives, NAS, network shares, dan cloud.(Arief Burhanuddin)