pulsa-logo

Samsung Siapkan Chip 7nm, untuk Galaxy S9?


Arief Burhanuddin

Rabu, 25 Januari 2017 • 10:42

samsung, samsung galaxy s9, chipset samsung


Selain dikenal sebagai pembuat smartphone, Samsung dengan sayap bisnisnya TSMC merupakan pemasok chipset mobile. Tentu saja, hal ini menjadikan Samsung sebagai salah satu penantang utama dalam “pertempuran” di ranah bisnis  produksi chip  processor. Terakhir, mereka dikabarkan sedang mengembangkan prosesor dengan arsitektur 7nm.

 

Kepala Divisi Bisnis  Samsung  Semikonduktor LSI, menyebut bahwa teknologi  7nm ini adalah  teknologi yang "menantang". Hal ini disampaikannya di acara konferensi pers kuartalan Samsung. Disebutkan, Samsung  memang berambisi  untuk menjadi pemimpin di bisnis  processor ini, karena mereka mampu memperkenalkan generasi terbaru teknologi  ekstrim ultraviolet (EUV)  dan peralatan litografi yang membantu proses produksi  chip processor  generasi terbaru  Samsung. 

 

Beersumber dari Phone Arena,  TSMC dikabarkan akan  mulai melakukan proses  produksi chipset 7nm  mulai  tahun ini, dan produksi massal dieprkirakan sudah bisa dilakukan tahun depan.  Sementara itu, dalam roadmapnya, Samsung  diketahui berencana  untuk menggarap  processor  dengan teknologi  7nm  di "awal 2018".  Yang berarti bahwa ada kemungkinan prosesor 7nm akan disematkan di smartphone  Samsung  Galaxy S9.  

 

Sementara itu, Samsung  kabarnya juga akan tetap  menyempurnakan litografi proses  produksi processor dengan menggunakan teknologi  10nm untuk lini andalannya tahun ini, dan chip 14nm untuk smartphone  midrange. (Nariswari) 


 

sumber foto: Business cloud news