pulsa-logo

10 Fakta Mengejutkan Tentang Ponsel


Kurdi

Rabu, 25 Januari 2017 • 11:58

10 Fakta Mengejutkan Tentang Ponsel


foto ilustrasi

Saat ini, smartphone bisa dibilang sudah menjadi barang primer. Jika sehari saja Anda tidak memegang smartphone, bayangkan apa yang terjadi?

Meski baru diadopsi secara meluas sekitar dua dasawarsa lalu, namun kenyataan bahwa ponsel telah merasuki kehidupan manusia sehari-hari adalah hal yang tak dapat dielakkan lagi.

Sebelum Anda mengenal smartphone seperti sekarang, simak 10 fakta menakjubkan tentang dunia ponsel berikut ini:

1.Nokia 1100 adalah ponsel dengan angka penjualan terbanyak di seluruh dunia sepanjang masa. Rekor penjualan yang mencapai 250 juta unit hingga saat ini tidak berhasil dipecahkan oleh pabrikan ponsel manapun.

2.Ponsel pertama kali di dunia dipatok dengan harga jual mencapai 4.000 dolar atau melebihi 50 juta rupiah pada tahun 1983 di AS. Ponsel hasil temuan pegawai senior Motorola bernama Martin Cooper tersebut hanya dapat menyimpan 30 nama kontak dan bobot seberat 1,1kg yang bahkan lebih berat dari laptop super tipis di masa sekarang.


3.Sementara untuk seri purwarupa, Motorola Dyna TAC adalah ponsel pertama di dunia yang dibuat oleh orang yang sama di laboratorium Bell Labs pada tahun 1973. Pada tanggal 3 April, Martin Cooper merupakan orang pertama yang melakukan panggilan lewat ponsel tersebut.

4.Simon Personal Communicator adalah ponsel layar sentuh pertama di dunia yang diluncurkan pada tanggal 16 Agustus 1994. Ponsel tersebut dapat merespon pena stylus dan sentuhan ujung jari dengan fungsi bawaan seperti kalender, kalkulator, buku alamat dan buku catatan.

5.Smartphone yang digunakan pada masa kini ternyata punya teknologi pemrosesan data yang jauh lebih canggih dibanding teknologi pengolahan data yang digunakan oleh pesawat luar angkasa Apollo 11 yang mendarat di bulan.

6.Ponsel yang kita gunakan ternyata jadi tempat bersarang bakteri dengan jumlah hingga 18 kali lipat dari tutup toilet.

7.Tiongkok menjadi negara pemasok industri ponsel dunia dengan pangsa pasar mencapai 70%.

 

8.Sekitar 90% ponsel yang beredar di Jepang mempunyai fungsi tahan air.

9.Jumlah ponsel yang beredar di seluruh dunia jumlahnya mencapai lima kali lipat dibanding jumlah PC yang dipasarkan secara global.

 

10.Nomophobia adalah gangguan mental fobia yang ditandai oleh kegelisahan serta ketakutan yang berlebihan saat tidak membawa ponsel atau kehilangan sinyal operator.

Semoga bermanfaat! (Gal/Udn)

 

Sources: 1 2 3