pulsa-logo

Teknologi AI dan Vendor yang Siap Mengusungnya


dian iskandar

Jum'at, 27 Januari 2017 • 14:11

teknologi AI, AI adalah,artificial intelligence,kecerdasan buatan,google,apple,huawei,LG,samsung


ilustrasi,sumber gambar: stevenvanbelleghem.comilustrasi,sumber gambar: stevenvanbelleghem.com

Seperti Anda ketahui, persaingan  di bisnis smartphone  kian ketat.   Terutama beberapa tahun belakangan ini , bermunculan merek-merek   smartphone Cina yang menambah  sengit persaingan  di bisnis ini. Sebut saja Xiaomi, Meizu, Oppo, dan One Plus.  

Kepopuleran  merek smartphone Cina  tersebut perlahan  mendorong merek-merek smartphone global yang lebih dulu  “bercokol” di bisnis ini, untuk  memutar otak dan mematangkan strategi bisnis mereka untuk tetap dapat merajai bisnis smartphone  di tingkat global.   

Berbagai  strategi dilakukan oleh vendor-vendor tersebut untuk  bersaing dengan competitor, mulai dari meramu strategi marketing  dan promosi, seperti flash sale  hingga  memberikan  penawaran diskon  yang menarik.  Tak hanya itu, vendor-vendor mulai “jeli” untuk menggarap  teknologi  terbaru  dan konsep desain yang sedang trend untuk disematkan di  perangkat terbaru  mereka.

Anda tentu masih ingat dengan Xiaomi Mi Mix yang fenomenal dan  mencapai kepopuleran dengan cepat karena desain bebas bezelnya yang sangat indah dan elegan?  Atau konsep Dual Edge layar lengkung dua sisi yang diterapkan di Samsung Galaxy S7 Edge?  Atau konsep bodi berbahan keramik dan kaca yang memberikan kesan premium.    

Strategi lainnya adalah  memperkaya fitur  di smartphone generasi terbaru dengan  teknologi  anyar  seperti dukungan  fitur setup dual kamera,  teknologi VR dan AR, dan  yang paling gres adalah dukungan teknologi AI.  Mungkin Anda sudah  tidak asing  dengan teknologi AR  (Augmented Reality)  dan VR (Virtual Reality) , lalu apa pula dengan teknologi AI?

Lalu apa sih yang dinamakan AI?  Atau biasa disebut  dengan  Artificial Intelegence  atau  kecerdasan buatan. Kecerdasan Buatan atau kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah atau Intelegensi Artifisial (bahasa Inggris: Artificial Intelligence atau hanya disingkat AI) didefinisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah.

Sistem seperti ini umumnya dianggap  sistem computer yang kemudian dijalankan di sebuah perangkat. Jadi, dengan dikembangkannya  teknologi AI ke smartphone, bukan tidak mungkin smartphone  generasi terbaru akan jadi lebih pintar, lebih personal dan  lebih  produktif. Bahkan dapat menunjang dijalankannya fitur-fitur canggih di  dalamnya, termasuk mengaktifkan dukungan IOT (internet of things).


Teknologi AI mulai serius diperkenalkan pada awal tahun 2017, dengan  tujuan bahwa  AI bisa menjadi peluang  dan trend baru di tahun ini. Beberapa vendor smartphone, termasuk Apple, Samsung Electronics, Huawei, LG Electronics dan Xiaomi Technology  dengan gigih  memperkenalkan model  smartphone terbaru mereka  dengan  menampilkan teknologi  AI (kecerdasan buatan).  Aplikasi berbasis AI ini  menurut beberapa  nara sumber di industry adalah  bertujuan untuk meningkatkan pangsa pasar pada tahun 2017.

Lalu vendor apa saja yang sudah sedemikian peka dan jeli  untuk menggarap smartphone generasi terbaru mereka dengan dukungan teknologi AI ini?  Penasaran? Disarikan dari  Digitimes, kami memiliki setidaknya 5  merek besar yang ternyata sudah menjajaki teknologi AI untuk smartphone andalan mereka.

1.    HUAWEI

Huawei merintis tren perkembangan terbaru  dari AI  dengan smartphone generasi terbarunya Huawei Mate 9. Samrtphone  ini  menampilkan layanan suara Alexa Amazon. Huawei, yang saat ini menempati peringkat  utama  sebagai vendor smartphone terbesar ketiga secara global, tampaknya berusaha untuk bersaing dengan Apple dan Samsung untuk  menjadi  merek smartphone  nomor satu dengan mengemas smartphone  terbarunya yang memiliki  fitur canggih, termasuk di dalamnya adalah dukungan AI.

2.    APPLE

Apple  mengakuisisi  startup  yang mengembangkan  mesin pembelajaran  yang berbasis  di  Australia bernama  Turi pada bulan Agustus 2016. Tujuan akuisisi ini adalah bertujuan untuk lebih memperkuat fungsi, serta pangsa pasar dari Siri  yang merupakan  asisten pribadi  yang dikembangkan  oleh Apple.  Sementara itu,  beberapa  narasumber dan analis pasar  mengungkapkan rencana Apple  untuk  menggarap  iPhone  generasi berikutnya dengan  aplikasi Siri yang sudah ditingkatkan dengan dibekali kecerdasan buatan  (AI).

3.    GOOGLE

Perusahaan  internet  Google tidak ingin “kecolongan” dengan  peluang  menjanjikan di bisnis  smartphone  global. Bermodalkan  pengalaman  dalam menggarap sistem dan perangkat lunak di  seri smartphone Nexus, Google memantapkan dirinya untuk  menggarap smartphone  mereka sendiri    yakni smartphone Google Pixel  dan Google Pixel  XL.  

Selain menjamin kemudahan dan kenyamanan pengguna dalam mendapatkan  pengalaman  lebih dekat dengan Google di kedua smartphone tersebut,  ternyata Google juga  menghadirkan fitur   canggih. Salah satunya adalah asisten virtual besutan Google yakni  Google Assistant   yang  digarap dengan jauh lebih cerdas, dan  mengadopsi AI. Dan kabar terbaru menyebutkan bahwa Google  akan memperkenalkan fitur baru dari  dukungan AI di Google Assistant  di kedua smartphone Google tersebut untuk  mendukung lebih banyak  produktivitas dan  fungsi kerja.  Oh iya,  kabar  terbaru  menyebutkan bahwa Xiaomi  juga mengadopsi  Google Asisstant dengan  dukungan teknologi AI untuk  smartphone generasi terbarunya.

4.    VIV LABS – SAMSUNG

Viv Labs, yang merupakan  sebuah anak perusahaan dari Samsung, juga ikut meramaikan trend penggarapan  teknologi AI  yang dijalankan  di  smartphone generasi   mendatangnya.  Beberapa waktu yang lalu Anda tentu sudah mendengar tentang  layanan suara berbasis AI, yang dikembangkan oleh Samsung yang  dinamakan  Bixby.  Bixby adalah asisten pribadi baru yang diperkenalkan Samsung untuk Galaxy S8. Kabarnya, asisten pribadi ini akan memiliki tombol khusus di perangkat andalan Samsung pada tahun depan. Dan Bixby akan menawarkan pengalaman yang  secara signifikan berbeda dari  produk pesaing, dan akan bekerja dengan berbagai layanan pihak ketiga.  Bixby jadi teknologi asisten digital ketiga yang dipunyai Samsung setelah S Voice dan Viv.

Dalam dokumen paten tersebut Bixby dideskripsikan sebagai piranti lunak komputer untuk manajemen informasi personal, untuk smartphone, mobiletelephone, komputer portabel dan tablet yang digunakan untuk mengoperasikan sistem pengenalan suara. Dengan kata lain, Bixby memungkinkan pengguna memberikan perintah melalui input suara seperti halnya S Voice yang diadopsi smartphone Galaxy selama ini.  

Dengan demikian, jelas bahwa Bixby adalah teknologi kecerdasan buatan  (AI)  yang dipersiapkan oleh Samsung  untuk perangkat-perangkat terbaru Samsung berikutnya, menggantikan S Voice assistant.  Dan Bixby  kemungkinan akan menjadi fitur utama dari  generasi  masa depan dari  smartphone model unggulan Samsung.

5.    LG

LG dikabarkan saat ini  sedang dalam pembicaraan dengan Amazon dan Google untuk memanfaatkan platform berbasis AI yang dikembangkan oleh dua perusahaan layanan Internet tersebut. Selain menggunakan Alexa pada  berbagai  perangkat IOT yang dikembangkan oleh LG, LG juga kabarnya  akan  mengintegrasikan Alexa untuk dijalankan di  perangkat smartphone  generasi terbaru,  yakni   LG G6. Dengan AI (kecerdasan buatan) dan asisten digital yang tengah menjadi trend saat ini, cukup  wajar jika LG akan  menggunakan Assistant pada smartphone generasi terbarunya.  Langkah ini akan sejalan dengan keputusan LG untuk menghadirkan assistant virtual  pada dua jam tangan  pintar besautannya  yang  berbasis  OS Android Wear 2.0.  (Nariswari)

Sumber: Digitimes