pulsa-logo

Pertama dalam 5 Tahun, iPhone Kalah dengan Oppo di Cina


dian iskandar

Senin, 30 Januari 2017 • 10:49

Pertama dalam 5 Tahun, iPhone Kalah dengan Oppo di Cina


Apple kini tengah melebarkan sayapnya di India. Strategi ini bukan tanpa alasan, karena penjualan iPhone di negeri tirai bambu tengah merosot. Menurut sebuah laporan terbaru dari Counterpoint Research, smartphone besutan Apple tidak lagi menjadi yang terlaris di Cina pada 2016 untuk pertama kalinya dalam lima tahun.

Menurut laporan itu, iPhone 6s tidak masuk kategori smartphone top di Cina, kalah dari Oppo R9. Oppo berhasil menjual seri R9 sebanyak 17 juta unit di Cina pada 2016, atau meraup 4% dari pangsa pasar. Sedangkan iPhone 6s hanya terjual 12 juta unit.

Apple tidak menikmati pertumbuhan pengiriman smartphone di Cina dimana pada 2016 pengiriman handset naik 6% mencapai 465 juta unit. Sedangkan pengiriman Oppo naik 109%, mengalahkan Vivo (naik 78%) dan Huawei (naik 21%). Sebagai catatan, pengiriman Apple di negara itu turun 21% tahun lalu, hanya sedikit di atas Xiaomi. Xiaomi yang dulu dikenal sebagai " Apple Cina," mengalami penurunan 22% pada 2016.

Selebihnya menurut Direktur Riset Counterpoint Research Neil Shah, fitur utama yang telah mendorong pertumbuhan pasar smartphone adalah pengirisn cepat, layar OLED, baterai besar dan kamera ganda. Dan fitur ini lah yang tidak dimiliki oleh iPhone 6s.

Selain itu, Counterpoint juga mencatat bahwa kegagalan Apple di pasar smartphone Cina  ada hubungannya dengan melonjaknya permintaan handset kelas mid-range di negara ini. Neil Shah,  mengatakan jika benar iPhone mendatang menggunakan layar OLED akan menjadi positif bagi Apple. (*)

Sumber: Phonearena