pulsa-logo

Apple Diduga Menghapus Aplikasi Milik Pengembang Iran, Ada Apa?


dian iskandar

Selasa, 31 Januari 2017 • 08:41

Apple Diduga Menghapus Aplikasi Milik Pengembang Iran, Ada Apa?


artikel yang ditulis oleh Techrasa laman teknologi asal iranartikel yang ditulis oleh Techrasa laman teknologi asal iran

Apple dikabarkan mulai menghapus aplikasi buatan pengembang asal Iran dari App Store akhir pekan lalu. Menurut sebuah laporan yang dipublikasikan oleh media teknologi Iran TechRasa, banyak aplikasi yang telah menghilang dari App Store minggu lalu, termasuk layanan e-commerce Iran terbesar, Digikala.

Menurut Techrasa,  pasar ponsel di Iran tumbuh dengan cepat, dengan lebih dari satu juta iPhone diselundupkan ke negara itu setiap tahunnya, dan itu berarti ada jutaan dolar yang bisa dinikmati oleh Apple. Lalu, mengapa kemudian Apple menghapus aplikasi yang berasal dari pengembang Iran?

Masalahnya terletak dalam hukum perdagangan internasional, klaim TechRasa, yang melarang pengajuan aplikasi dan layanan yang berasal dari Iran untuk diterima oleh App Store. Akibatnya, banyak start up aplikasi asal Iran yang mendaftarkan pengajuan mereka dari luar Iran. Pengembang lokal melaporkan bahwa Apple mengeluarkan pesan berikut saat menerima kiriman dari Iran:

"Disayangkan, App Store tidak tersedia untuk wilayah Iran. Selain itu, memfasilitasi transaksi bisnis aplikasi atau badan yang berbasis di Iran mungkin tidak sesuai dengan Aturan Sangski Transaksi Iran (31CFR Part 560) ketika memasang di App Store. Untuk alasan ini, kami tidak dapat menerima aplikasi Anda saat ini. Kami mendorong Anda untuk mengirim ulang aplikasi Anda setelah hukum perdagangan internasional direvisi untuk memungkinkan fungsi ini. "

Namun, dalam kasus e-commerce milik raksasa Digikala, peraturan ini paling tidak secara teori, tidak berlaku. Perusahaan menggunakan sistem pembayaran Shaparak, yang benar-benar terisolasi dari sistem pembayaran internasional, dan tidak melanggar kebijakan apapun.

Selanjutnya, TechRasa menuduh bahwa mungkin ada sesuatu yang lebih untuk menghapus secara sistematis aplikasi dari pengembang aplikasi asal Iran. Techrasa mencatat bahwa bahkan bank-bank di negara itu terpaksa mendistribusikan aplikasi iOS mereka melalui metode alternatif, tanpa mengirimkan aplikasi mereka ke Apple. (*)

Sumber: Phonearena