pulsa-logo

Kabel USB Type-C Abal-abal Bisa Merusak Perangkat, Begini Cara Mengetahui Kualitasnya


dian iskandar

Selasa, 31 Januari 2017 • 15:18

Kabel USB Type-C Abal-abal Bisa Merusak Perangkat, Begini Cara Mengetahui Kualitasnya


USB type C Power MeterUSB type C Power Meter

Kabel USB type-C adalah standar baru yang kini banyak digunakan pada smartphone-smartphone kekinian. Jika Anda kebetulan mencari pengganti kabel USB type C bawaan, jangan asal membeli. Salsah-salah bisa membuat smartphone Anda rusak. Ini karena tegangan di USB type-C abal-abal cenderung tidak stabil.

Nah, untuk mengetahui tegangan yang dikeluarkan oleh kabel USB type-C, ada sebuah alat yang disebut Tipe C Power Meter. Cara kerjanya cukup sederhana dengan menghubungkan antara kabel (terhubung ke perangkat pengisian) dan charger. Setelah itu, layar yang ada pada alat tersebut akan menampilkan data real-time seperti tegangan, arus, dan perpindahan energi. Dengan cara ini, Anda akan tahu jika kabel berfungsi dengan benar dan bisa mengetahui apakah perangkat Anda dialiri energi dari tenaga listrik yang cukup.

Sayangnya, Power Meter tidak bisa difungsikan sebagai pelindung lonjakan arus dan tidak bisa menampilkan informasi itu. Ini sekedar alat bantu jika memang diperlukan. Tapi, Anda bisa mengandalkan merek-merek yang kompeten untuk menentukan kualitas dari kabel ini. Alat ini dijual seharga 30 dolar AS atau sekitar Rp390 ribuan (*)

Sumber: Phonearena