pulsa-logo

Apple Kembangkan Chip ARM Hemat Daya Untuk Mac


Woro Ari Prianto

Jum'at, 03 Februari 2017 • 11:44

apple,mac,chip ARM


New MacBook Pro with TouchBar (ilustrasi)New MacBook Pro with TouchBar (ilustrasi)

Sekarang sudah eranya perangkat elektronik yang hemat dalam konsumsi daya listrik. Untuk perangkat laptop atau gadget hal tersebut tentu sangat penting, dimana akan lebih membuat daya tahan baterainya menjadi lebih lama.

Nah Apple terus menuju tujuan tersebut, dimana saat ini dikabarkan tengah menggarap sebuah chipset ARM berdaya rendah untuk perangkat Mac. Menurut sumber-sumber di Bloomberg, chipset  generasi terbaru besutan Apple itu akan berjalan bersama prosesor Intel yang juga ikut dibenamkan ke dalamnya, untuk menangani pekerjaan/beban yang berdaya rendah.

Berdasarkan info dari Bloomberg, chipset baru ini akan menangani tugas seperti Power Nap, yakni fitur MacOS yang memungkinkan komputer melakukan tugas-tugas seperti memeriksa email dan pembaruan perangkat lunak saat komputer tengah 'tidur' atau tidak aktif. Pengerjaan tugas-tugas ini bakal mengandalkan chipset baru yang akan memberikan penghematan daya secara lebih besar dan signifikan pada perangkat.

Seperti diketahui, tahun lalu Apple melansir MacBook Pro baru dengan fitur TouchBar, dimana ditenagai chipset terbaru Apple, T1.Itu adalah chipset berbasis ARM yang diperuntukkan khusus untuk menangani pekerjaan yang dibebankan pada fitur TouchBar.

Nah nantinya chipset baru yang akan digarap oleh Apple sekiranya bakal memiliki kemampuan serupa chip T1. Namun pastinya akan mampu menangani pekerjaan dan tugas lainnya, selain Touch Bar. Sayang, sejauh ini belum diketahui kapan Apple akan memperkenalkan chip hemat daya terbarunya ini. (nrs/wr)

Sumber: Bloomberg

LATEST TIPS-APPS

Mengatur Pesan SOS di Smartphone Asus
BackUp Cloud di CloudMAX

2018-04-10 20:49:42