pulsa-logo

Penjualan Smartphone OPPO Nyaris Tembus 100 Juta Unit di 2016


dian iskandar

Senin, 06 Februari 2017 • 14:50

Penjualan Smartphone OPPO Nyaris Tembus 100 Juta Unit di 2016


Salah satu vendor smartphone yang berbasis di Cina  yakni OPPO,  memetik  pendapatan cukup besar  di tahun 2016 lalu dengan   rekor penjualan smartphone OPPO hingga mencapai hampir  100 juta unit, tepatnya  99.400.000 unit.  Sepanjang tahun  2016 selama  empat kuartal berturut-turut  OPPO mencatat pertumbuhan lebih dari 100%  dari tahun-ke-tahun.

Seperti dilansir dari Gizchina,  dengan angka penjualan smartphone yang cukup besar  pada tahun 2016, jelas ini  menjadikan OPPO meraih  peningkatan yang luar biasa selama 2015 yang sebelumnya hanya  meraup  angka penjualan  sebesar 42,7 juta  unit smartphone.  

Prestasi OPPO  ini sekaligus  meletakkannya di tempat keempat di antara  merek-merek smartphpone  global yang laris manis di pasaran  seperti Huawei dan Samsung,  menurut riset pasar yang dilakukan oleh International Data Corporation (IDC).

Menurut  Sky Li ( OPPO VP dan Managing Director International Mobile Business),  pada 2016 OPPO  memiliki  strategi  yang tidak muluk, tetap sederhana dan terfokus  dengan   memperkenalkan  produk berkualitas premium dengan kamera fenomenal. Menurut  Sky Li, keberhasilan OPPO dengan pencapaian angka penjualan hampir 100 juta unit  smartphone  di tahun 2016 lalu salah satunya adalah  karena komitmen OPPO  untuk  peka  dan  mendengarkan   aspirasi dan kebutuhan tiap  pengguna untuk menghadirkan perangkat yang  memiliki spesifikasi  khusus yang dapat memenuhi   kebutuhan, dan gaya hidup  tiap pengguna.  Sky Li juga menyebutkan bahwa  di tahun 2017, OPPO akan  terus melakukan ekspansi global.

Perlu dicatat,  OPPO  seri F dan R memetik  sukses besar di kedua wilayah penjualan smartphone utama  OPPO yakni Asia Selatan dan Asia Tenggara.  OPPO F1s dipasarkan  dengan jargon  sebagai " The selfie-expert" smartphone dengan kamera depan memiliki  resolusi 16MP.  

Seri OPPO R9 diluncurkan pada awal 2016. R9 terhubung dengan pasa negara   berkembang  dengan   trend  selfie, termasuk Indonesia.  Dan trend ini  melambungkan penjualan unit  smartphone  OPPO di negara  berkembang  yang merangkak naik menjadi 10,9%. Angka kenaikan yang sangat tajam jika membandingkan  pencapaian 1,2% di tahun 2015.

Perlu dicatat bahwa OPPO telah berhasil  mencapai  tonggak angka penjualan yang sangat tinggi  ini tanpa mendorong penjualan  smartphone-nya  hingga  ke pasar Eropa atau AS.


Pada tahun 2016, OPPO memperluas operasinya ke 26 negara termasuk pasar-pasar baru seperti Arab Saudi, Kazakhstan dan Selandia Baru. Dan OPPO sekarang berencana untuk mempercepat pertumbuhan di Mesir dan Afrika Utara dengan menggunakan beberapa kantor  pusat pemasaran  yang baru didirikan di baru-baru ini di Mesir.

Dengan  beberapa  ponsel yang akan  diperkenalkan oleh OPPO dalam waktu dekat ini yakni  OPPO Find 9 dan OPPO A57, OPPO bersiap  memasuki tahun  2017 dengan penuh optimisme.  Bagaimana tidak? Data awal IDC menunjukkan bahwa  OPPO menyumbang sekitar  6,8% dari angka penjualan  smartphone global - prestasi mengesankan untuk sebuah perusahaan yang berusia kurang  lebih baru delapan tahun. (Nariswari)

Sumber: Gizchina