pulsa-logo

MediaTek Rilis Chipset Untuk Smartphone Dual-Camera


dian iskandar

Rabu, 08 Februari 2017 • 15:38

MediaTek Rilis Chipset Untuk Smartphone Dual-Camera


MediaTek pada hari ini (8/2)  mengumumkan peluncuran processor generasi terbarunya yakni MediaTek HelioP25, dan kehadiran processor ini menambah  portfolio MediaTek dalam menggarap  processor  Helio P series untuk perangkat mobile.

Chipset generasi terbaru ini menggabungkan  prosesor Octa-core16nm dengan MediaTek Imagiq (teknologi yang dikembangkan oleh MediaTek  yang dinamakan Image Signal Processor – ISP)  dan fitur dual kamera untuk memenuhi kebutuhan fotografer dalam menggunakan smartphone untuk mengabadikan momen dengan kamera smartphone.

Dilansir dari Digitimes  processor Helio P25 mengadopsi node proses FinFET 16nm, yang menawarkan hingga efisiensi daya 25% lebih baik.  Processor octa-core ini didukung ARM Cortex-A53 dengan clock speed sampai dengan 2.5GHz. Sementara di sisi grafis, HelioP25  memanfaatkan ARM terbaru GPU Mali-T880 dengan dual clock speed hingga 900MHz. Chipset ini juga mendukung peningkatan performa LTE (hingga 64QAM uplink untuk mode LTE-TDD) dan memanfaatkandaya rendah, serta double data rate random access memory (LPDDR4x) hingga 6GB.

MediaTek Helio P25 juga mendukung efek kamera canggih seperti fitur shallow depth-of-field dan kinerja eksposur otomatis. Adapun 12bit Dual ISP juga menawarkan dukungan kamera dengan resolusi hingga 24MP untuk kamera tunggal atau 13MP + 13MP untuk kamera ganda. Processor ini juga sangat cocok untuk penggunaan kamera HDR dan modus video HDR dengan preview penuh dan kinerja tinggi yang menggunakan turbo 3A untuk mempercepat kecepatan konvergensi gambar 30 -55%.

MediaTek mengatakan bahwa smartphone yang didukung oleh MediaTek Helio P25 akan muncul di pasar global mulai pada akhirkuartal pertama 2017. Menurut kabar dari Digitimes, berdasarkan penelitian khusus yang  baru-baru ini diterbitkan, MediaTek mengharapkan untuk menggapai lebih dari 11% pertumbuhan pengiriman processor-nya pada 2017. Angka ini kemungkinan akan mudah tercapai berkat kemitraan dengan Samsung Electronics.

Namun, dengan maraknya dari persaingan di bisnis chipset smartphone yang memasok processor untuk smartphone entry-level,kemungkinan besar MediaTek dalam waktu dekat juga akan menggarap line-up processor  Helio untuk smartphone low-entry. Ini sangat penting, untuk menjadikan processor MediaTek menjadi lebih kompetitif di  pasar global. (Nariswari)

Sumber: DigiTimes