pulsa-logo

Ini 5 Perbedaan Moto Z dengan Moto Z Play


Galing

Rabu, 08 Februari 2017 • 16:08

Ini 5 Perbedaan Moto Z dengan Moto Z Play


Mengawali tahun 2017 ini, Lenovo selaku pemilik Motorola resmi menghadirkan Moto Z dan Moto Z Play untuk pasar Indonesia.Berbeda dengan Moto E3 Power yang lebih menyasar segmen menengah bawah, kedua perangkat yang hadir di permulaan tahun 2017 kali ini sengaja dipasarkan bagi calon konsumen di segmen kelas menengah atas.

Dipatok dengan harga masing-masing 5,9 juta dan 8,5 juta rupiah, Moto Z Play dan Moto Z merupakan dua ponsel pintar modular yang dapat pengguna gandengkan dengan aksesori motomods yang dijual secara terpisah. Anda dapat membawa pulang salah satudari tiga aksesori motomods di pasar tanah air yang mencakup aksesori baterai cadangan, speaker JBL dan mini proyektor.

Lalu apa yang membedakan Moto Z dengan Moto Z Play? Simak ulasannya dalam tulisan berikut:

1. Display

Moto Z dan Moto Z Play mengusung layar dengan diagonal masing-masing 5,5 inci. Meski punya ukuran diagonal serupa, Moto Z jauh lebih unggul dengan resolusi 1440p yang memiliki kerapatan piksel sekitar 535 ppi. Menggunakan layar berjenis AMOLED, Moto Z sudah mendapatkan pula proteksi lapisan kaca tahan gores Gorilla Glass. Sementara untuk Moto Z Play, pengguna dimanjakan dengan layar berjenis Super AMOLED dengan resolusi full HD 1080p yang  punya kerapatan hingga 403 ppi.

2. Desain


Meski dipatok dengan harga yang lebih tinggi, Moto Z ternyata mengusung bodi dengan desain yang jauh lebih ramping dan ringan. Dimensi Moto Z sendiri berukuran 153.3 x 75.3 x 5.19mm yang membawa bobot seringan 136 gram. Sementara untuk dimensi milik Z Play, Lenovo menghadirkan ukuran 156.4 x 76.4 x 6.99mm yang datang dengan bobot seberat 165 gram. Dari segi bahan yang diusung, Moto Z jauh lebih baik dengan balutan bodi aluminium yang mengandalkan sisi mewah dan elegan. Sedangkan Z Play hadir dengan frame aluminium yang lebih sederhana berhiaskan plastik di bagian belakang perangkat.

3. Kamera

Tak seperti dua spesifikasi diatas yang sekilas tampak lebih tinggi, kamera Moto Z Play justru memiliki ukuran resolusi lebih tinggi pada angka 16 megapiksel. Sementara untuk Moto Z, Lenovo hanya membenamkan kamera dengan ukuran resolusi 13 megapiksel. Meski lebih rendah kalibernya, kamera Moto Z sudah dibekali pula dengan fitur Optical Image Stabilization dan besaran apperture yang lebih baik pada rentang f/1.8. Sedangkan kamera milik Z Play datang dengan nilai apperture f/2.0 tanpa bekal fitur OIS. Beralih pada bagian depan, kedua perangkat memiliki spesifikasi kamera berukuran 5 megapiksel yang sama persis baik dari segi fitur, mode pemotretan dan bekal software yang ditanamkan di dalamnya.

4. Hardware

Cara paling gampang untuk membedakan kedua varian perangkat dari pabrikan yang sama adalah dengan membandingkan spesifikasi hardware yang diusungnya. Sesuai dengan harga yang dibanderol, Moto Z hadir dengan dapur pacu Qualcomm Snapdragon 820 yang terdiri dari total empat inti dengan kecepatan masing-masing 2x1.8GHz dan 2x1.6GHz. Ruang memori Moto Z hadir dengan kapasitas 64GB dan RAM sebesar 4GB. Sedangkan pengguna Moto Z Play hanya dipersenjatai oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 625 dengan delapan inti berkecepatan 2.0GHz. Kapasitas memori milik Z Play tercatat lebih kecil dengan ukuran masing-masing internal 32GB dan RAM sebesar 3GB.

5. Baterai

Dengan bobot yang lebih berat, wajar bila Moto Z Play memiliki kapasitas baterai yang lebih besar dibanding Moto Z. Bobot 165 gram Moto Z Play menjadikan perangkat ini memiliki kapasitas baterai sebesar 3.510mAh. Sementara dengan bobot 136 gram, Moto Z hanya sanggup memasok daya dengan kapasitas maksimal sebesar 2.600mAh.

Jadi, sudah tahu kan perbedaan Moto Z dengan Moto Z Play.(Gal/Udn)