pulsa-logo

LINE Tak Ingin Sekedar Jadi Aplikasi Pesan di Indonesia


Woro Ari Prianto

Kamis, 09 Februari 2017 • 15:34

line,line indonesia


Ongky Kurniawan, Managing Director LINE IndonesiaOngky Kurniawan, Managing Director LINE Indonesia

Aplikasi sosial messaging LINE terus berinovasi dan berkontribusi dalam komitmennya membangun ekosistem kreatif digital di Indonesia. Bahkan di tahun 2019 mendatang LINE mentargetkan diri menjadi Smart Portal nomor satu.

"LINE berkembang sangat pesat di Indonesia dan telah menjadi pelopor dalam berbagai terobosan dalam pengembangan Smart Portal. Survei kami menunjukkan bahwa penetrasi LINE sebagai Brand Used Most Often telah meluas 2.8x di kota tier 1 termasuk Jakarta di paruh kedua 2016.Pengguna juga meningkat pesat di kota-kota seperti Surabaya, Medan dan Makassar, digunakan dengan rentang usia yang lebih lebar serta berhasil merambah segmen yang selama ini dikuasai oleh chatting platform lainnya," Ungkap Ongki Kurniawan, Managing Director LINE Indonesia.

Sukses dengan bertumbuhnya mitra kerjasama dan fitur smart portal-nya, LINE melalui salah satu ciri khas utamanya, stiker, pun melakukan ragam inovasi untuk memberikan pelayanan terbaik dalam berkomunikasi. Tahun 2016 kemarin, LINE Indonesia meluncurkan 35 set stiker gratis yang telah diunduh lebih dari 88,3 juta kali, dan tercatat 8,6 milyar di Indonesia telah terkirim melalui fitur pesan LINE.

Saat ini LINE tengah memfokuskan pada dua pendekatan yakni memperluas pengguna dan mempercepat implementasi layanan smart portal. Guna menyukseskan target ini LINE melakukan langkah-langkah seperti terus melakukan ekspansi secara bisnis dengan mencari talenta lokal untuk dapat memperkuat tim, memperluas jangkauan ke kota-kota tier 2 melalui kerjasama dengan brand, partner telekomunikasi, media dan pemerintah.

Sebagai informasi, pada 2016 lalu, LINE telah melakukan beragam inovasi dan rencana ekspansi melalui kolaborasi membangun ekosistem digital kreatif. Inovasi tersebut diantaranya lewat menghadirkan LINE Video Group Call, LINE Jobs dan LINE Academy. (dn/wr)