pulsa-logo

Chip Pengaman Wireless Charger Sedang Dikembangkan


dian iskandar

Selasa, 14 Februari 2017 • 19:13

Chip Pengaman Wireless Charger Sedang Dikembangkan


ilustrasi, sumber businessinsiderilustrasi, sumber businessinsider

Para peneliti di MIT telah  berhasil  mengembangkan  sebuah  security  chip kriptografi baru untuk perangkat pengisian  nirkabel. Inovasi yang dipamerkan di event akbar  di International Solid-State Circuits Conference ini diklaim sangat bermanfaat  untuk membantu memerangi pengisian daya yang palsu sehingga bisa  memproteksi dan menjaga perangkat Anda secara aman.

Dilansir dari Androidheadlines, cara kerja  chip ini sangat sederhana.  Perangkat yang ditanam dengan chip ini akan memblokir setiap kali  melalui sirkuit pengisian nirkabel  yang mencurigakan kecuali jika diberi kode kriptografi tertentu.

Ini berarti bahwa hanya perangkat-perangkat  pengisian nirkabel  dengan kode kriptografi  tertentu  saja  yang dapat mengisi daya  nirkabel untuk perangkat Anda. Teknologi ini juga dapat secara  fleksibel memblokir sejumlah perangkat  pengisian daya  nirkabel “asing” yang terkoneksi dengan perangkat Anda. Selain itu  mengatur pengisian secara cerdas, dengan  mengatur dan membatasi  ambang tertentu, mencegah perangkat dari resiko  pengisian  daya lebih cepat dari yang seharusnya dan memungkinkan arus mengalir lebih merata dalam perangkat  pengisian daya nirkabel.

Chip  ini  bekerja dalam desain kumparan nirkabel yang bekerja dengan sangat  efisien, memberikan chip kontrol penuh dari fungsi kumparan dan membuat proses pengisian daya secara nirkabel berjalan dengan normal dan stabil.

Cara kerja pengamanan  dimulai saat chip mencoba untuk terhubung ke charger nirkabel, chip akan  mengajukan beberapa pertanyaan untuk otentifikasi. Hanya aksesoris pengisian daya nirkabel yang  terkualifikasi  yang akan mampu terdeteksi dan  tentunya Anda tidak perlu diminta untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan otentifikasi. Metode ini menghindari chip menyimpan kunci keamanan di perangkat, sehingga lebih aman.  

Dengan  sejumlah vendor smartphone yang meluncurkan smartphone generasi terbaru  dengan  memanfaatkan  teknologi pengisian daya  nirkabel, seperti Apple dan diprediksi  jumlah penggunaan  teknologi pengisian daya nirkabel ini akan terus  tumbuh di masa depan.

Makin maraknya penggunaan perangkat pengisian daya nirkabel inilah, yang kemudian memunculkan  fenomena  baru munculnya aksesoris  pengisian daya nirkabel  abal-abal. Masalah ini ditunjukkan oleh data dari Apple, yang menyatakan bahwa mereka membeli 100 unit aksesoris  pengisian daya nirkabel  di Amazon.com dan menmukan fakta mengejutkan bahwa  tidak kurang dari 90  unit di antaranya  adalah aksesoris palsu.


Ini berarti bahwa inovasi yang dilakukan oleh MIT sangat berguna dan  menguntungkan tidak hanya bagi vendor smartphone, akan tetapi juga menguntungkan bagi  pengguna  yang membutuhkan rasa aman dan nyaman  saat menggunakan perangkat pengisian daya nirkabel. (Nariswari)

Sumber: Androidheadlines