Huawei Kembangkan Asisten Digital

  • Nariswari
  • Thursday, 16 February 2017 19:37
  • Published in News

Huawei (foto: ist.)Huawei (foto: ist.)

Kabar terbaru dari Huawei menyebutkan bahwa vendor asal Cina ini akan mengembangkan asisten virtual besutan mereka sendiri, yang nantinya bakal dipakai di jajaran produk generasi terbaru mereka. Itu tentunya sebagai upaya Huawei dalam mengembangkan bisnisnya lebih luas lagi.

Kerjasama dengan Amazon dalam mengintegrasikan Alexa ke produk Huawei Mate 9 memang pantas diacungi jempol, meskipun layanan di smartphone itu secara eksklusif hanya bisa dipakai di pasar AS. Tapi setidaknya diketahui adanya klaim jika Huawei – Amazon melibatkan lebih dari 100 orang karyawan untuk penggarapan asisten digital tersebut.

Melihat info di atas maka tidak mengejutkan jika Huawei mengumumkan rencananya untuk membangun asisten digital sendiri. Apalgai saat ini asisten virtual belakangan kian populer. Terlebih melihat kompetitornya seperti Samsung, yang mana dilaporkan juga mengembangkan asisten virtual-nya yang disebut sebagai Bixby, dimana bakal dijejalkan ke dalam Galaxy S8.

Selama ini Huawei dinilai cukup berhasil memproduksi banyak portfolio ponsel pintar. Sehingga tidak mengherankan jika kini Huawei mulai melihat ke sisi perangkat lunak, yang salah satunya asisten digital.

Untuk sementara asisten digital besutan Huawei tengah dikembangkan dengan fokus pasar Cina. Dan kabarnya Huawei sedang mengusahakan pengaplikasian fitur ini untuk bisa digunakan di luar pasar Cina. Dalam hal ini, pada tahap awal Huawei akan terus bekerjasama dengan tim di Google dan Amazon untuk menyempurnakan asisten virtual di Huawei.

Dengan menciptakan smartphone dengan banyak komponen hardware serta mengembangkan software eksklusif untuk perangkatnya, perjuangan Huawei untuk menjadi produsen smartphone nomor satu di seluruh dunia kemungkinan bakal bisa terwujud.

Dan dengan event Mobile World Congress (MWC) 2017 yang semakin dekat ada kemungkinan Huawei akan memperkenalkan fitur asisten virtualnya di ajang itu. Meskipun sejauh ini belum diketahui secara pasti fitur apa saja yang ada di asisten virtual Huawei tersebut. Termasuk smartphone pertama yang akan menjalankan asisten virtual itu. (nrs/wr)

Sumber: Android Headlines

Rate this item
(0 votes)