Atrk

Tahun Ini Smartphone Dual Kamera Bakal Terjual Empat Kali Lipat

  • PULSA
  • Friday, 17 February 2017 16:52
  • Published in News

LG Innotek memasok dual kamera yang digunakan untuk smartphone pertama kali pada 2011. Smartphone dual kamera pertama kali yang muncul di pasaran adalah LG Optimus 3D. Karena fitur kamera dengan pengambil gambar 3D ini maka membutuhkan lensa kedua. Lalu kemudian diikuti oleh HTC Evo 3D yang juga datang dengan dual kamera. Berikutnya ada HTC One (M8), hanya saja dual kamera milik HTC One (M8) bukan untuk pengambilan gambar 3D.

LG makin asyik dengan smartphone dual kamera. Bahkan LG V10 menawarkan setup dual-kamera pada kamera depan untuk selfie. Sekuel berikutnya, LG V20, menawarkan dual kamera belakang dan kini fitur dual kamera diadopsi oleh banyak pabrikan termasuk smartphone besutan Appe, iPhone.
Menurut perusahaan riset pasar Counterpoint, akan ada 300 juta smartphone di tahun ini yang memiliki fitur dual-camera. Itu berarti ada kenaikan 400% dari tahun sebelumnya.

Penggunaan dual-camera saat ini makin berkembang, begitu pula bisnis untuk perusahaan yang terlibat didalamnya seperti pemasok. LG Innotek adalah satu-satunya pemasok dual kamera untuk Apple, dan tentu saja jagoan Lg berikutnya yakni G6 akan menggunakan kamera dari Innotek. Dari pasokan ke Apple, LG Innotek mengantongi laba operasi 103 juta dolar AS pada kuartal keempat.

Perusahaan lain yang coba menjajakan setup dual kamera adalah Samsung Electro-mekanics. Divisi Samsung yang dijual ke Xiaomi dan Leeco dikatakan dalam pembicaraan untuk memasok Huawei, Oppo dan Vivo. Jika tren ini terus berlanjut, setup dual-kamera akan menjadi sebagai standar sebagaimana pemindai sidik jari.(*)

Sumber: Phonearena

 

Rate this item
(0 votes)