Tahun 2016 iPad Dominasi Pasar Tablet Dunia

  • Nariswari
  • Friday, 17 February 2017 17:36
  • Published in News

ipadipad

Beberapa tahun belakangan pasar tablet terlihat mulai lesu. Salah satu penyebabnya dikarenakan kian maraknya ponsel pintar berlayar lapang yang lebih disukai pasar.

Dari sekian banyak pabrikan tablet yang beredar di pasar global, ternyata satu-satunya produsen elektronik yang masih mencatatkan penjualan besar di pasaran di tahun 2016 yakni Apple. Fakta berbicara jika perusahaan elektronik raksasa berbasis di AS itu masih mendominasi pasar tablet dunia.

Berdasarkan data terbaru rilisan TrendForce, penjualan tablet di seluruh dunia di tahun 2016 memang mengalami penurunan 6,6%. Namun fakta cukup mengejutkan menunjukkan bahwa Apple menguasai pasar tablet, dengan pangsa pasar sebesar 27%. Posisi iPad tetap kuat di pasar tablet global, meskipun secara hitungan pangsa pasar tablet besutan Apple itu anjlok 14,1%.

Artinya iPad tetap merajai pasar tablet dunia, dimana berhasil mengukir angka penjualan sebanyak 42,5 juta unit selama tahun 2016. Jumlah itu jauh lebih tinggi dibandingkan seri Samsung Galaxy Tab model terakhir.  

Lalu apa yang menyebabkan penjualan iPad begitu sukses di pasaran global? Salah satu kunci suksesnya yakni dorongan tingginya penjualan iPad di musim liburan dan pergantian tahun baru 2017 lalu. (nrs/wr)

Sumber: CNET

Rate this item
(0 votes)