pulsa-logo

[Video] Bukti Bahwa Sensor Kamera Sony Terbaru 8x Lebih Baik Dibanding Pendahulunya


Arief Burhanuddin

Rabu, 22 Februari 2017 • 14:10

sony, exmor imx378, smartphone sony, google pixel


Bisnis smartphone Sony boleh jadi meredup, namun bukan berarti mereka tidak menangguk keuntungan dari perkembangan bisnis secara global.

 

Selain produk-produk teknologi lainnya, Sony juga merupakan produsen sensor kamera mobile terkemuka. Sensor Exmornya dapat ditemukan di hampir setiap smartphone papan atas, sekaligus memastikan Sony tetap mendapat keuntungan dan untuk kemudian diinvestasikan kembali.

 

Saat ini, Sony sedang mempersiapkan generasi terbaru sensor IMX dengan beberapa pembaharuan yang bisa dibilang revolusioner. Salah satu perubahan penting dari sensor terbaru Sony ini adalah penambahan memori DRAM ke dalam sensornya yang memungkinkan proses penangkapan gambar dengan kecepatan yang sangat tinggi - 120 frame per detik!

 

Sensor baru ini diklaim memiliki kinerja delapan kali lebih cepat atau 800dari sensor IMX378, yang dapat ditemukan di Google Pixel.


 

Diketahui, IMX378 dapat menangkap video slow-motion sampai dengan 120 frame per detik, sedangkan sensor baru (yang belum diketahui namanya ini) dapat menangkap video dengan kecepatan 960 fps pada mode biasa (120 fps di 4K)

 

Video di bawah ini menunjukkanmenunjukkan apa saja yang bisa dilakukan dengan sensor baru Sony tersebut

 

 

Penempatan DRAM sebesar 1GB pada sensor (yang letaknya diantara lapisan CMOS dan sirkuit), memungkinkan untuk menangkap data jauh lebih cepat dibanding sebelumnya. DRAM bertindak sebagai buffer, menyimpan data sementara sampai dapat diumpankan ke chip yang ada di smartphone.

 

Efeknya, video slow motion yang dihasilkan semakin mulus, pengambilan foto jadi lebih cepat, dan mencegah distorsi gambar yang biasa terjadi ketika kita mengambil obyek bergerak dengan sensor konvensional.

 

 

sumber artikel dan foto: Android Authority