pulsa-logo

28 Februari, Xiaomi akan Perkenalkan Prosesor Buatannya


dian iskandar

Rabu, 22 Februari 2017 • 15:19

28 Februari, Xiaomi akan perkenalkan Prosesor Buatannya


Beberapa  waktu yang lalu, Xiaomi rami diberiakan sedang menggarap chipset yang khusus digunakan  untuk perangkat  smartphone  generasi mendatang. Chipset itu akan dinamakan Pinecone . Xiaomi kemungkinan besar akan memperkenalkan prosesor garapannya pada 28 Februari.

Dilansir dari Digitimes, hal ini diketahui pertama kali saat Xiaomi telah mengirimkan undangan ke media  untuk menghadiri acara peluncuran  produk  yang akan diselenggarakan pada 28 Februari. Dan di undangan tersebut, Xiaomi menuliskan bahwa pihaknya akan memperkenalkan  “in-house processor” yang  dikembangkan oleh Xiaomi , yang akan dinamakan processor Pinecone.

Kabarnya,  CPU besutan Xiaomi ini akan cocok untuk dijalakan di smartphone dengan spesifikasi  entry-level yang membidik kelas menengah.

Xiaomi saat ini sedang mengembangkan dua model processor Pinecone, yakni Pinecone  V670 dan Pinecone V790, melalui anak perusahaannya, Beijing Pinecone Electronics. Perusahaan ini adalah perusahaan  patungan yang didirikan oleh Xiaomi dan Leadcore Teknologi di penghujung tahun 2014.

Pinecone  V670, kemungkinan akan dipamerkan di acara tersebut, akan datang dengan delapan core  yang terdiri dari empat frekuensi tinggi  dengan  dibangun oleh  Cortex-A53 dan empat  core Cortex-A53  dengan  spesifikasi  daya rendah, dipasangkan dengan GPU ARM Mali-T860 MP2. Chip ini akan diproduksi  pada proses 28nm.

Menurut  bocoran terbaru dari  media di Cina, Pinecone V970  dibangun  dengan 8-core dan akan terdiri dari empat core Cortex-A73 dan empat  core Cortex -A53  yang  dipasangkan dengan GPU Mali G71 MP12. Dan model processor ini diproduksi bekerjasama dengan  Samsung Electronics melalui proses 10nm. Namun, Pinecone V970 kemungkinan belum tersedia sampai akhir 2017. Dan ini berarti hingga di akhir tahun 2017, kita belum bisa melihat smartphone  terbaru yang akan mejalankan processor Pinecone V970 tersebut. (Nariswari)

Sumber: Digitimes