pulsa-logo

Analis: Pengapalan iPhone 8 akan Tembus 100 Juta Unit di 2017


dian iskandar

Rabu, 22 Februari 2017 • 16:19

Analis: Pengapalan iPhone 8 akan Tembus 100 Juta Unit di 2017


konsep iPhone 8 konsep iPhone 8

Apple dikabarkan  pada akhir tahun ini  akan memperkenalkan seri iPhone generasi  terbarunya yakni iPhone 8 , yang akan mencakup tiga model baru, dengan salah satu dari mereka akan dibekali dengan  hardware dan desain yang  merupakan  “upgrade” atau peningkatan  dibandingkan dengan  seri pendahulunya.  Seperti  layar AMOLED dan pengenalan wajah 3D.

Dilansir dari Digitimes, TrendForce  yang merupakan perusahaan analis independen  yang  populer dalam menyoroti bisnis perusahaan  global,  memperkirakan bahwa volume produksi perangkat iPhone berikutnya untuk tahun ini akan mencapai setidaknya 100 juta unit. Dan dari angka tersebut,  untuk model dengan layar AMOLED akan membuat pangsa terbesar. Volume produksi semua perangkat iPhone untuk 2017 diproyeksikan akan mencapai sekitar 230 juta unit,  dan akan  meningkat  lebih  dari 6% jika dibandingkan dengan iPhone  versi sebelumnya.

iPhone 8  akan menambah panjang portfolio perangkat high-end yang diproduksi  oleh Apple. Dan iPhone terbaru tersebut adalah   iPhone    pertama dalam seri iPhone  yang akan  memiliki layar AMOLED di ukuran 5,p8 inci dengan resolusi  2K. Namun,  sayangnya  Apple tidak akan menerapkan desain melengkung untuk model iPhone  high-end  karena  diprediksi  adanya resiko atau  masalah dengan pasokan kaca  3D. Selain itu, Apple menemukan fakta bahwa  kaca melengkung   tersebut  mengalami kerentanan dalam hal  produksi dan drop tes yang rentan retak atau pecah. Dengan demikian, iPhone high-end berikutnya akan dibekali dengan  kaca 2.5D yang sama dengan yang dibekali di  model iPhone 7  yang saat ini beredar.

TrendForce juga mengatakan bahwa  iPhone 8  akan  menggabungkan teknologi penginderaan 3D yang dapat digunakan untuk memberikan pengenalan wajah dan fitur yang terkait dengan augmented reality (AR).

Dari sudut harga, Apple kemungkinan akan membuat perbedaan yang signifikan antara model 4.7-inci dan dua model lainnya. Karena meningkatnya persaingan di pasar smartphone global, Apple memperluas lineup iPhone dalam rangka untuk memenuhi berbagai kelompok konsumen.

Adapun iPhone  model high-end yang menggunakan  layar  AMOLED  kabarnya  akan menjadi titik  prioritas  dari  penjualan iPhone di sepanjang   tahun ini. Diprediksi bahwa   iPhone model ini  akan memimpin  penjualan iPhone tahun ini. Selain itu, sedikitnya  akan memenuhi  40% dari total volume produksi semua perangkat iPhone generasi berikutnya untuk 2017.

Lalu bagaimana dengan harga banderol dari iPhone 8  tersebut?  Apple kemungkinan akan menetapkan titik harga yang sangat tinggi untuk model iPhone dengan  model layar  AMOLED untuk mengimbangi biaya produksi  layar dan komponen lainnya. Ada kemungkinan bahwa harga model AMOLED akan melebihi  USD $ 1,000 (setara Rp 13,6 jutaan) . (Nariswari)


Suber: Digitimes