pulsa-logo

Telkomtelstra Tawarkan Office 365 Terintegrasi Layanan WAN untuk Korporasi


dian iskandar

Rabu, 22 Februari 2017 • 17:12

Telkomtelstra Tawarkan Office 365 yang Terintegrasi Layanan WAN untuk Korporasi


Telkomtelstra, sebagai penyedia layanan end-to-end managed solutions andal, dan sebagai Cloud Service Provider (CSP) dari Microsoft di Indonesia menghadirkan solusi Microsoft Office 365 berbasis Cloud, yang terintegrasi dengan layanan Managed WAN Optimisation Service. Pemanfaatan Office 365 bisa mendorong efisiensi dalam kolaborasi dan produktivitas karyawan dan perusahaan. Dengan demikian, perusahaan akan bisa meningkatkan kolaborasi dan produktivitas, manajemen biaya yang efisien dengan tingkat keamanan jaringan dan aplikasi (network dan application security) yang tinggi.

Indonesia adalah salah satu negara berkembang dengan peningkatan industri digital yang sangat pesat dalam beberapa tahun terakhir ini, termasuk dalam tren penggunaan perangkat digital. Hal ini tentu berpengaruh besar pada kehidupan masyarakat dan komunitas bisnis (survey We Are Social 2016). Sementara itu, menurut laporan McKinsey Consulting (2016), transformasi digital menjadi tren baru di lingkungan bisnis untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat. Transformasi digital hanya akan berhasil jika terjadi integrasi antara proses front-end dan back-end. Disamping itu, pelaku industri juga dituntut untuk beradaptasi dengan dinamika bisnis yang kian bergerak cepat sebagai dampak dari pemanfaatan TIK yang semakin meluas, khususnya dari sisi operasional bisnis serta kepuasan pelanggan.

Peningkatan daya saing industri Indonesia merupakan kunci dari keberlangsungan pertumbuhan ekonomi nasional, terutama di tengah kondisi ekonomi global yang kian menantang. Fakta ini juga didukung dengan pernyataan dari Bank Indonesia yang telah memproyeksikan target pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 5.0 - 5.4 persen sepanjang tahun 2017. Optimisme pertumbuhan ekonomi juga mendorong perbaikan iklim investasi, khususnya pada investasi infrastruktur, sehingga pertumbuhan ekonomi ini pun mendorong pelaku industri untuk meningkatkan daya saing melalui optimalisasi infrastruktur jaringan untuk bisnis mereka.

Oleh karena itu, telkomtelstra menghadirkan Office 365 yang terintegrasi dengan layanan WAN (Wide Area Network) Optimisation sebagai solusi optimalisasi bisnis, khususnya terkait infrastruktur jaringan perusahaan. Solusi WAN Optimisation meruapakan layanan Managed Network Service telkomtelstra yang mampu melakukan percepatan kinerja aplikasi dan jaringan perusahaan serta memaksimalkan efisiensi pengaturan pemakaian data dan customer experience tanpa menambah kerumitan lapisan jaringan serta biaya pengelolaan.

“Penggunaan Office 365 berbasis Cloud yang terintegrasi dengan layanan Managed WAN Optimisation Service ini dapat mendorong perusahaan untuk memaksimalkan penggunaan jaringan dan aplikasi berbasis Cloud sekaligus menekan biaya pengelolaan yang kerap dikeluarkan untuk menjaga stabilitas aplikasi dan jaringan serta tingkat keamanan yang tinggi. Microsoft Office 365 yang dilengkapi aplikasi-aplikasi yang dapat menunjang produktivitas dan kolaborasi yang lebih efisien, seperti diantaranya meliputi Microsoft Office Applications, Email, OneDrive, Skype for Business, dan SharePoint, dapat diakses melalui berbagai perangkat - Desktop, Notebook, Tablet dan Mobile – dengan seamless, dan didukung oleh tingkat keamanan yang tinggi berbasis Cloud.” ungkap Agus F Abdillah, Chief Product and Synergy telkomtelstra.

Selain itu, perusahaan yang menggunakan Office 365 berbasis Cloud dengan WAN Optimisation bisa mendapatkan kestabilan jaringan dan efisiensi penggunaan aplikasi-aplikasi khususnya Microsoft Exchange – email dan SharePoint – collaboration dan integrated workflow. Pemanfaatan WAN Optimisation untuk aplikasi Cloud mampu mengurangi kebutuhan jaringan hingga 92% pada SharePoint dan 36% pada Microsoft Exchange, sehingga mampu menghadirkan kolaborasi optimal walaupun server sudah terkonsolidasi di Cloud.

Agus F Abdillah juga menambahkan : “Seiring dengan makin banyaknya adopsi Cloud, perusahaan pun dapat mengurangi server yang terdistribusi di berbagai lokasi cabang dan memungkinkan konsolidasi server antar kantor cabang untuk menekan biaya dengan menghilangkan duplikasi transmisi data dan inventasi perangkat. Selain itu, dengan adanya rencana ketersediaan Azure Hybrid Cloud platform dari telkomtelstra bekerjasama dengan Microsoft di pertengahan tahun ini di Indonesia, customer akan mendapatkan kebebasan untuk memilih menyimpan data mereka di public cloud Azure (off-shore) dan atau di Private Cloud (on-shore) yang berada di dalam negeri dengan seamless dan tingkat kemanan yang tinggi. Hal ini sejalan dengan regulasi pemerintah yang mengharuskan data kritikal/rahasia perusahaan tetap berada di dalam negeri.” (*)