pulsa-logo

Pemindaian Sidik Jari di Layar Smartphone Terealisasi di 2018


dian iskandar

Kamis, 23 Februari 2017 • 18:17

Pemindaian Sidik Jari di Layar Smartphone Terealisasi di 2018


ilustrasiilustrasi

Fitur  sensor sidik jari kini  telah menjadi  sebuah  fitur yang sangat umum yang digunakan  di smartphone. Dan kini  beberapa produsen solusi keamanan  dan  vendor  smartphone  berusaha  mengembangkan  teknologi  pemindaian sidik jari di layar. Bukan lagi “menumpang” pada tombol Home  seperti yang selama ibni kita temukan di banyak smartphone premium.

Lalu dengan kabar yang menyebutkan bahwa  kini vendor  handset  berusaha  untuk  mulai menghapus tombol Home dan mendesain bodi smartphone generasi terbarunya dengan  desain bebas  bezel. Dengan desain macam ini, tentu menjadikan fitursensor sidik jari secara bertahap bermigrasi ke bagian belakang ponsel.

Desain  macam ini pun telah diterapkan di beberapa smartphone premium dan smartphone kelas menengah.  Lalau bagaimana jika  kemudian revolusi desain menuntut  bentuk smartphone menjadi benar-benar bebar tombol Home dan  memunculkan  desain baru  untuk fitur  sidik jari  yakni ditempatkan di bagian layar. Dan  artinya di sini, bahwa  sensor pemindai sidik jari  akan ditanamkan  di bawah layar.

Lalu bagaimana dengan  pengembangan fitur  pemindai sidik jari yang ditanam di bawah layar?  Seperti dilansir Phonearena, belakangan  ini  beredarrumor yang cukup kuat  sejak  beberapa  bulan lalu  dari Samsung  yang dikabarkan bahwa  smartphone generasi mendatangnya yakni  Samsung Galaxy S8 kemungkinan  akan  menjadi smartphone pertama di dunia yang akan  memiliki fitur pemindai sidik jari di layar.  Dari sebuah bocoran beberapa gamabr di Weibo mengisyaratkan  bahwa  Samsung  memang telah memilih solusi yang sama sekali berbeda.

Perusahaan  pengembang modul  Fingerprint  bernama CrucialTec  adalah salah satu dari sekian banyak perusahaan   pertama  yang  telah membuat terobosan di pasar , sebagai perusahaan yang  akan mulai memasok  komponen layar  yang  ditanam  solusi pemindaian sidik jari untuk produsen smartphone. Dan CrucialTec  kabarnya akan mulai efektif memsok  komponen layar  tersebut  mulai  akhir tahun ini.

Solusi keamanan memungkinkan otentikasi sidik jari pada layar smartphone, menghilangkan kebutuhan untuk menambahkan tombol Home atau menambahkan modul  scanner  yang  diposisikan di sisi belakang perangkat.

Seorang juru bicara CrucialTec menegaskan bahwa solusi sidik jari di layar yang kini dikembangkan  oleh  perusahaan, yang disebut  Display Fingerprint Solution atau DFS, telah menerima tanggapan positif dari  beberapa  klien, yang merupakan vendor smartphone global. 


CrucialTec mkenyebutkan bahwa   smartphone pertama  dengan  “embedding “ atau yang dibekali dengan solusi baru  layar yang ditanamkan  fitur fingerprint sensor  akan tersedia di pasaran paling cepat di akhir  tahun 2017 atau awal 2018.

Berbicara tentang DFS, CrucialTec mengatakan sensor tersebut cukup sensitif untuk mendeteksi sentuhan sehelai rambut dan dapat mengekstrak sidik jari dengan  tingkat resolusi sangat tinggi   di 500 titik per inci.

CrucialTec juga menyatakan bahwa pihaknya berencana untuk mulai menjual solusi upgrade yang akan memungkinkan otentikasi sidik jari pada setiap bagian dari layar smartphone tahun depan. (Nariswari)

Sumber: Phonearena