pulsa-logo

Tak Lagi Gunakan Layar Lengkung, Ini Alasan LG


dian iskandar

Senin, 27 Februari 2017 • 12:57

Tak Lagi Gunakan Layar Lengkung, Ini Alasan LG ,LG G6,spek LG G6,harga LG G6,fitur LG G6,MWC 2017


Kecenderungan atau trend  desain terbesar smartphone kekinian adalah  selain  produsen menggunakan panel layar besar adalah desain bebas bezels (bahkan bezel yang sangat tipis) di sekitar layar. Dan  LG pada  tahun ini meluncuran LG G6. Sebelumnya ada prediksi bahwa  LG G6 akan dibekali dengan desain  layar melengkung seperti line up  Samsung Galaxy “Edge”. Namun kenyataannya tidak benar.  

Smartphone  yang baru saja dikenalkan pada momen menjelang MWc 2017 tersebut dirilis  dengan datar dengan besaran 5.7  inci dan tidak lagi mengusung model modular. Lalu mengapa  LG tidak menerapkan desain layar melengkung di LG G6?

Display  berdesain  melengkung adalah salah satu  subjek canggih  yang  sebagian besar yang menyangkut  estetika atau keindahan.  Beberapa  vendor smartphone  berpendapat bahwa mereka menerapkan desain layar lengkung adalah  untuk menyesuaikan  layar yang lebih baik  sesuai atau proporsional  untuk rasio tubuh smartphone  yang  memungkinkan diagonal smartphone  lebih besar dan sekaligus lebih indah.

Meski demikian LG telah memiliki beberapa pertimbangan. Seperti dilansir dari Phonearena,   melalui  sebuah  wawancara    media dengan  LG,  perusahaan teknologi  yang berbasis di Korea Selatan  tersebut  membeberkan  beberapa hal  yang terkait dengan alasan LG    terkesan “menghindari”  penggunaan   desain layar  melengkung.  Beberapa orang   dari team  desain  LG  memberi penjelasan  ke media terkait hal tersebut.  Menurut mereka,  setidaknya ada  beberapa  alasan  mengapa LG menghindari  penggunaan layar berjenis melengkung.

1.       Kemyamanan

Smartphone dengan desain layar lengkung  diklaim mengurangi kenyamanan pengguna selama menggenggam  bodi smartphone. Menurut LG,  bagian tepi layar  smartphone  akan menyebabkan kekakuan otot  tangan dan telapak tangan pengguna karena kelelahan saat smartphone digunakan dalam waktu yang cukup lama.  Selain itu kenyamanan dari sisi visual  saat menatap bagian sisi layar  menjadi sedikit terganggu , terutama bagi pengguna yang belum terbiasa dengan  layar  lengkung.

2.        Kesalahan Ketuk


Team di LG mengatakan bahwa dengan desain layar lengkung, dapat menyebabkan  makin besarnya kesalahan ketuk di layar, terutama bagi pengguna yang belum terlalu terbiasa menggunakan layar dengan desain melengkung.

3.       Rapuh

LG mengatakan bahwa desain smartphone dengan layar  edge atau melengkung  lebih beresiko  mudah retak. Sulit untuk mendebat  alasan yang satu ini.  Panel layar dengan desain melengkung tampaknya menjadi lebih mudah retak, karena  saat ini lebih banyak  bagian-bagian layar yang  terbuat dari  kaca, sehingga  LG mengatakan bahwa di sinilah  ada peningkatan risiko layar retak. Terutama saat smartphone tersebut  tanpa sengaja terjatuh  atau membentur sesuatu.  Masuk akal.

Jadi dengan keputusan  LG untuk tetap menggunakan layar datar,  LG percaya bahwa dengan menggunakan panel touchscreen datar di LGG6, maka langkah tersebut adalah untuk membawa kebaikan bagi konsumen kebaikan dengan memberikan handset yang baik , lebih nyaman dan dapat diandalkan. (Nariswari)

Sumber: Phonearena