pulsa-logo

Ini Dia Bocoran Harga, Tanggal Rilis dan Spek Nokia 8


dian iskandar

Selasa, 28 Februari 2017 • 16:47

Ini Dia Bocoran Harga, Tanggal Rilis dan Spek Nokia 8


HMD Global yang merupakan pemegang merek Nokia  menjadi salah satu  perusahaan global yang ambil bagian di pameran  dan konferensi  akbar  Mobile World Congress (MWC) 2017 di Barcelona, Spanyol. HMD di MWC 2017 memperkenalkan tiga smartphone  berbasis OS Android  yang terjangkau - Nokia 6,  Nokia 5 dan Nokia3, di samping versi baru dari Nokia 3310.  Namun belum memperkenalkan Nokia 8 ke publik. 

HMD sepertinya akan mengenakan Nokia 8, juga disebut sebagai Nokia P1,  secara eksklusif  atau membuat event sendiri, mirip dengan  peluncuran  Samsung  Galaxy S8 dan S8 +.

Dilansir dari Inquirer,  memang, prediksi HMD akan memperkenalkan  Nokia 8 masih  jauh yakni di Q2 2017. Namun jelang  peluncurannya,  ada beberapa bocoran  rumor dan informasi seputar  Nokia  8.

Informasi pertama adalah  menyangkut  peluncuran  resmi dari Nokia 8,  yang dimana  HMD Global kemungkinan merencanakan peluncuran Nokia 8  pada kuartal kedua tahun 2017.

Nokia 8 akan dibekali dengan fitur tahan air dengan sertifikasi  IP68 dan fitur  tahan debu. Smartphone ini  akan tersedia dalam dua ukuran, 5.2 inci dan  5.5 inci dan masing-masingmenampilkan layar berjenis  AMOLED qHD  berresolusi  2560x1440 piksel .Namun belum ada  informasi lebih lanjut apakah Nokia 8  akan dibekali dengan layar 5 inci atau lebih besar dari 5, 5 inci.

Bicara soal desain,  Nokia 8 aka  Nokia P1 akan dibangun dalam tubuh Sharp Aquos P1. Namun belum ada informasi lebih lanjut perihal desain tersebut.

Bicara soal  kinerja  dan spesifikasi dari Nokia 8,  Nokia sendiri telah mengkonfirmasi dalam sebuah postingan  di Weibo bahwa mereka akan menggunakan processor  besutan Qualcomm  yakni Snapdragon 835 untuk dijalankan di smartphone Nokia mendatang (dan ini kuat mengindikasikan akan dijalankan di Nokia 8 yang merupakan smartphone preium Nokia).  Namun kabar terbaru menyebutkan  jika memang  Nokia tetap ingin menggunakan jenis  processor ini, maka harus banyak bersabar karena  chipset ini akan diproduksi oleh  Samsung dengan proses  10nm, dan tentunya Samsung akan mendahulukan  pasokan chipset untuk  Samsung  Galaxy S8  hingga paling cepat  di bulan April.


Berbagai sumber mengatakan bahwa Nokia P1  aka Nokia 8 akan memiliki kamera utama yang beresolusi cukup besar, akan  tetapi sejauh ini  belum ada kabar tentang teknologi sensor yang akan digunakan di  Nokia 8.  Apa pun itu, Nokia memang pernah menggarap smartphone  dengan kualitas kamera sangat mumpuni yakni Nokia Pure View.

Tak hanya itu, Nokia 8 aka  Nokia P1 akan kompatibel dengan Google Daydream VR sebagai teknologi yang mendukung  berbagai konten VR. Smartphone yang akan menjalankan OS Android v7.0 Nougat ini kabarnya akan menjalankan launcher besutan  Nokia sendiri, dan membawa beberapa  fitur  default dan  perangkat lunak  khas Nokia.

Terkait dengan  ekspektasi harga  Nokia 8,  kabarnya  smartphone terbaru andalan  HMD ini  akan masuk ke dalam kelas smartphone  premium . Nokia 8  untuk model  128GB kabarnya akan dibanderol sekitar  USD $ 779 (sekitar £ 635 atau Rp. 10,4 jutaan) sedangkan versi 256GB akan dibanderol dengan harga  sekitar  USD$ 900 (sekitar £ 720 atau Rp. 12,1 jutaan).  (Nariswari)

Sumber: TheInquirer