pulsa-logo

10 Juta Unit Google Cardboard Dikapalkan di 2016


Nariswari

Kamis, 02 Maret 2017 • 09:46

10 Juta Unit Google Cardboard Dikapalkan di 2016


Google belakangan ini tampak berfokus pada pengembangan headset VR, terutama setelah mengembangkan platform Daydream VR. Namun semangat Google untuk mengembangkan teknologi VR sebenarnya telah terlihat sejak Google memperkenalkan Google Cardboard VR yang merupakan perangkat VR yang cukup terjangkau. 

Perangkat ini adalah bentuk paling sederhana dari headset  VR, dan ternyatamenjadi hit. Hal ini terbukti dengan pencapaian yang diumumkan oleh Google bahwa mereka telah mengirimkan kurang lebih 10 juta unit sedangkan aplikasi yang menawarkan konten VR sudah diunduh sebanyak160 juta download. Wow!

Seperti dilansir dari GSMArena,  Google mengatakan bahwa kini perangkat  Google Cardboard VR  telah dikapalkan sebanyak kurang lebih 10 juta unit. Dan Google mengatakan bahwa mereka tidak gentar dengan banyaknya perangkat VR yang sejenis yang ditawarkan oleh perusahaan kompetitor.

Aplikasi berbasis VR dikabarkan  juga mencapai popularitas di sepanjang 2016. Ini diketahui melalui statistik yang diungkap oleh Google bahwasetidaknyadari 30perangkat Google Cardboard VR, telah melampaui 1 juta download aplikasi.

Baru-baru ini, Super Dates Research  melaporkan bahwa aksesoris Gear VR telah dikirimkan sebanyak 4,51 juta unit  pada awal 2016. Diakhir Januari 2016 Google melaporkan telah mengapalkan 5 juta Google Cardboard VR, dan satu tahun kemudian jumlah pengirimannya berlipat menjadi10 juta unit.

Sejauh ini,  Daydream VR mungkin menjadi satu-satunya platform konten VR yang terbaik , meski tampaknya sebagian pengguna masihmenggunakanperangkat VR tidak selalu terhubung ke Daydream VR, melainkan untuk menontonkonten VR dari YouTube saja. Bahkan, lebih dari 50% dari konten yang dikonsumsi di DaydreamVR  berasal dari YouTube, meskipun ada 100 aplikasi yang tersedia khusus untuk diunduh di Daydream VR. Pengguna Daydream rata-rata menghabiskan sekitar 40 menit seminggu untuk menikmati beragam kontenVR, dengan menggunakan salah satu ponsel yang kompatibeldengan VR. (Nariswari)