pulsa-logo

Jangan Sepelekan Clear Cache, Ini Manfaatnya untuk Smartphone Anda!


dian iskandar

Jum'at, 03 Maret 2017 • 15:49

Jangan Sepelekan “Clear Cache”, Ini Manfaatnya untuk Smartphone Anda!


ilustrasi, sumber: updato.comilustrasi, sumber: updato.com

Pernahkah Anda perhatikan, bahwa masa pakai baterai pada smartphone Anda kerap menurun dengan cepat, alias gampang “nge-drop”? Begitu bergantungnya smartphone Anda pada  charger dan powerbank. Sering sekali kita menyalahkan komponen baterai yang dianggap memang sudah tidak layak pakai. Namun ternyata ada salah satu penyebab masa pakai baterai Anda gampang menurun. Penyebabnya ternyata sangat sederhana, yakni cache yang penuh!

Anda mungkin bingung,  apa hubungannya menghapus cache dengan memperpanjang masa pakai baterai smartphone. Seperti dilansir dari Phonearena, penjabaran sederhananya. Misalnya, pagi ini baterai di Anda mengkonsumsi daya baterai sebesar 15% dalam periode satu jam, dua sampai tiga kali lipat dari yang seharusnya. Lalu apa penyebabnya? Cache! 

Langkah pertama adalah menghapus cache di smartphone. Bagi mereka tidak menyadari, cache adalah dimana beberapa file untuk aplikasi dan situs web disimpan pada ponsel dalam rangka untuk mempercepat waktu yang dibutuhkan handset Anda untuk memuat konten mereka. Semacam pintasan dari file dari aplikasi-aplikasi tertentu.

Anda dapat langsung membersihkan cache dengan cara yang sangat sederhana. Mula-mula buka Setting > Storage> internal Shared Storage> Cached Data> OK (untuk konfirmasi) > pilih Confirmed. Langkah ini juga berlaku di sebagian besar smartphone berbasis OS Android.

Anda akan merasakanhasilnya yang sangat jauh berbeda. Setelah membersihkan cache, baterai smartphone Anda adalah kembali jauh lebih awet dan hanya akan memangkas daya kurang dari 5% setiap jam-nya.

Jadi jika Anda mengalami masalah dengan daya baterai Anda dan dukungan orang teknis Anda menyarankan melakukan reset pabrik, cobalah langkah pertama dengan membersihkan cache di smartphone Anda.

Dan tak hanya bermanfaat untuk menghemat daya pakai baterai,  membersihkan cache ini juga baik untuk mengurangi resiko aplikasi yang kerap  freeze  atau nge-hang saat dibuka,  atau jika kinerja ponsel Anda mulai berkinerja melambat. Selamatmencobaya? (Nariswari)


Sumber: Phonearena

 

LATEST TIPS-APPS

Scan Ragam Dokumen Dengan Mudah
Scan Ragam Dokumen Dengan Mudah

2018-05-22 20:01:44